Beranda Prabumulih Warga Gunung Kemala Masih Keluhkan Jalan Ke Kebunnya, Janji PT.SBS dan PT....

Warga Gunung Kemala Masih Keluhkan Jalan Ke Kebunnya, Janji PT.SBS dan PT. DAM Belum Terealisasi Semuanya

110
0

Lurah Pati Galung Sopyan Hadi : Semuanya Butuh Proses Bersabar, Kami Tengah Berupaya Carikan Solusinya

Sumselnews.co Prabumulih | Warga Kelurahan Pati Galung mempertanyakan kelanjutan wacana pihak PT. DAM dan PT. SBS yang menyebutkan bahwa akan memperbaiki jalan yang dilalui oleh kendaraan operasional Perusahaan dimaksud.

Diberitakan sebelumnya bahwa warga sempat melakukan aksi penyetopan dan protes karena akses jalan yang dipakai untuk aktivitas warga setempat yang hendak ke kebun menjadi rusak lantaran di lalui angkutan berat kendaraan Operasional PT. DAM dari PT. SBS.

Setelah adanya gejolak aksi warga itu, maka disikapi dengan adanya pertemuan rembug guna membahas bagaimana solusi untuk menanggulangi permasalahan ini.

Rapat pun digelar dan dimediasi serta difasilitasi oleh Pihak Kelurahan Pati Galung, pada Senin (22/02/2021).

Dalam Rapat pertemuan antara perwakilan perusahaan PT. DAM, PT. SBS, Perusahaan BBM dan Perwakilan warga itu dihadiri oleh Camat Barat, Edy Suanto, Lurah Pati Galung Sopyan Hadi, Anggota DPRD Dapil 1 Apriansyah, Bhabinkamtibmas Aiptu Redi Junison, Bhabinsa, juga tokoh masyarakat setempat. Dan juga sempat hadir Tokoh Lembaga Perwakilan Masyarakat Gunung Kemala.

Dari hasil rapat pada saat itu pihak baik PT. DAM maupun PT. BSB menyepakati untuk memperbaiki jalan dimaksud, namun sayangnya menurut Salah Seorang Warga Pati Galung sebut saja bernama ‘Sabar’ (50) mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi jalan belum lagi nyaman untuk dilalui.

Memang kata Sabar, ada yang namanya perbaikan tapi hanya sekedar penyecrab’an dengan kendaraan alat berat. Sementara yang diharapkan oleh warga adalan pengerasan total terhadap jalan hingga sampai ke tahap pengecoran.

Dan yang membuat warga masih mengeluh adalah terus beroperasi nya kendaraan dua Perusahaan tersebut, sehingga dengan kondisi musim hujan sekarang ini penyecrab’an seakan sia-sia saja, lantaran usai dilewati truk bermuatan berat, jalannya kembali amblas berlumpur.

“Yang kami lihat belum ada tanda tanda akan diperbaiki secara total, yang ada cuma penyecrab’an alat berat, kalau cuma seperti itu, yaa… masih terus ngulang lagi bekubang jalan tanah merah nyo” ucap Sabar.

“Kemaren kan kami usul kan juga waktu Rapat di Kelurahan, agar Perusahaan mengecor jalan itu, biar samo-samo lemak nyaman Galo, kami bukan nyo dak nyuruh lewat situ… Tapi fikirkan kami warga yang nak ke kebon karet lewat Sano… Kalu jalan pecak kubangan kerbau cak itu” cetus Pria ini, kepada media ini, Sabtu (06/03/2021).

Sementara itu Lurah Pati Galung Sopiyan Hadi yang dimintai komentarnya, via ponselnya menguntarakan bahwa pihaknya selaku Pemerintahan Kelurahan Pati Galung tengah mengupayakan dengan maksimal untuk solusi dari permasalahan ini.

“Ya… Kami masih terus berupaya agar jalan itu diperbaiki oleh perusahaan, bahkan Kami sudah menyampaikan perihal keluhan warga ini ke Pihak Pertamina selaku empunya jalan… Dan Alhamdulilah responnya positif, namun ya… Segala sesuatu kan perlu proses, tidak bisa serta merta” terang Sopiyan Hadi.

Selain itu kata Sopiyan, pihak Perusahaan PT. BSB dan PT DAM juga terus di push pihaknya untuk sesegera mungkin memberikan solusi terbaik agar semua nyaman dan aktifitas dalam berjalan baik.

“Kami juga upayakan bagaimana warga bisa saling mendukung satu sama lain dengan Perusahaan, caranya ya kami coba usulkan adanya kompensasi bagi warga yang terdampak, sembari menunggu pihak perusahaan mempersiapkan anggaran dan segala sesuatu yang diperlukan untuk perbaikan jalan itu… Saya pribafipun terus berkomunikasi dengan Pihak Perusahaan angkutan itu” imbuh Lurah Pati Galung.

“Dan sebagai Pemerintah saya berharap warga bijaksana dan bersabar menyikapi kondisi yang ada, kita sama-sama saling fahami… kemaren kemaren kan sudah kita pasang portal dan sempat tutup juga sementara untuk memberikan waktu agar jalannya dapat ditanggulangi walaupun cuma bersifat sementara” tandas Sopyan. (**)

Tanggal Update on 6 Maret 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here