Beranda Prabumulih Sebarkan Informasi JKN Melalui Layanan MCS

Sebarkan Informasi JKN Melalui Layanan MCS

9
0

Sumselnews.co.id Prabumulih | jamkesnews Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat. Kehadiran MCS di Rumah Sakit Fadhilah Kota Prabumulih pada Rabu (21/09), disambut antusias oleh masyarakat sekitar. Kepala Bidang Kepsertaan dan Pelayanan Peserta, Yulisdina Natalia mengatakan, hadirnya MCS ini dapat membantu masyarakat sekitar Rumah Sakit Fadhilah Kota Prabumulih mengurus administrasi kepesertaan JKN, memperoleh layanan informasi, dan layanan lainnya terkait Program JKN.

“Kita bawa mobil lengkap dengan perlengkapan pelayanan. Istilahnya kita bawa mini kantor ke sini. Harapannya tentu bisa membantu masyarakat yang belum bisa datang ke kantor, bisa mengurus lewat MCS ini. Jenis layanan yang diberikan pun sama dengan yang di kantor. Ada pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, sampai pemberian informasi seputar JKN,” kata Yulisdina kepada Tim Jamkesnews pada Rabu (21/09).

Yulisdina juga menyampaikan bahwa masyarakat kini tidak perlu lagi untuk mencetak kartu JKN karena hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat juga tetap bisa mengakses layanan JKN.

“sesuai dengan regulasi yang berlaku bahwa KTP sebagai identitas tunggal pelayanan publik, oleh karena itu peserta dapat mengakses layanan Kesehatan tanpa menggunakan Kartu Indonesia Sehat. Cukup hanya menggunakan KTP atau KK saja sudah bisa dilayani di Fasilitas Kesehatan,” kata Yulisdina.

Setiap pelaksanaan kegiatan MCS ini, Yulisdina mengatakan bahwa animo masyarakat sangatlah besar, mereka yang biasanya tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan masing-masing kini dapat memanfaatkan MCS.

Hadirnya MCS ini mendapatkan respon positif dari peserta JKN. Salah satunya Indah Pratiwi (36) peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia mengatakan, adanya layanan MCS ini dapat menghemat waktu tanpa datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Kami terkendala jarak yang cukup jauh kalau harus menempuh perjalanan ke kantor BPJS Kesehatan yang berada di Kecamatan Prabumulih Timur, sedangkan domisili kami di Kecamatan Prabumulih Barat. Dengan hadirnya MCS disekolah kami paling tidak dapat mengatasi kebutuhan para guru di sini untuk mengurus administrasi kepesertaan JKN mereka tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Saya tadi dianjurkan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah kepengurusan Program JKN. Sangat terbantu sekali,” tutur Indah.(*)

Tanggal Update on 22 September 2022 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here