Beranda MUBA Sebanyak 215 CJH di Muba Tertunda, Ini Penjelasan Kemenag Muba.

Sebanyak 215 CJH di Muba Tertunda, Ini Penjelasan Kemenag Muba.

22
0

Kantor Kementrian agama (Kemenag) Kabupaten Musi Banyuasin sudah melakukan sosialisasi kepada para kepala KAU di 15 Kecamatan, penghulu penyuluh dan stekholder haji, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, pengurus masjid terkait penundaan haji pada tahun 2021.

Kepala Kemenag Muba Drs H Hartan SAg MPdi kepada awak media mengatakan pihaknya sudah menyampikan kepada masyarakat melalui kepala KUA di Masing -masing Kecamatan agar memberikan informasi serta menyampaikan persolan adanya penundaan keberangkatan ibadah Haji pada tahun 2021.

” jadi sudah kita sampaikan penundaan keberangkatan haji ini bukan karena hal-hal lain tetapi memang karena kondisi Pandemi Covid 19 yang masih mewabah hampir di seluruh negara termasuk negara Arab Saudi,” Ungkap Drs H Hartan SAg MPdi, kepada awak media Rabu (9/6).

Dikatakanya, Penundaan keberangkatan haji pada tahun 2021 ini, bukan karena hal-hal lain tetapi karena kondisi pandemi covid -19, dari itu kita juga meminta kepada media massa agar masyarakat tetap tenang dan bersabar khususnya bagi para jaamah haji yang keberangkatannya tertunda pada tahun ini.

“Kita juga sampikan bahwa terkait dana atau biaya haji saat dalam kondisi aman dana haji sekarang ini 150 triliun. Jadi jangankan untuk memberangkatkan haji untuk bangun hotel di arab saudi pun siap,”katanya.

Hastan menyebut, pandemi covid 19 yang saat ini masih mewabah, banyak warga negara lain termasuk indonesia tidak bisa masuk ke negara Arab Saudi dalam meraka apapun termasyuk Haji maupun umroh, bahkan beberapa negara seperti Malasyia, singapure bahkan Arab Saudi lockdown

Terkait adanya pemberitaan di media massa yang menyebutkan ada 11 negara yang masuk ke negara Arab Saudi Saudi itu bukan urusan terkait haji melainkan urusan Bisnis.

“Jadi kami minta kepada masyarakat agar tetap tenang khsususnya bagi para calon jamaah haji di Muba. Ini semua sudah ketentuan allah dan insallah di tahuun 2022 keberangakatan haji bisa dilaksanakan,”ucapnya.

Hastan menyebut, untuk jumlah calon jemaah haji asal kabupaten Muba yang sudah melunasi dan tertunda keberangkatan hajinya pada tahun 2021 ini sebanyak 215 jamaah.

“Untuk di tahun 2020, karena di tiadakan maka pemberangkatan di majukan di 2021. untuk pemberangkatan haji tahun 2021 ini tidak ada penambahan jumlah jamaah haji.”terangnya.

Di singgung terkait apakah ada jemaah haji asal Muba yang mempersoalkan tertundanya pemberangkatan haji tahun 2021 ini, Hastan mengatakan Alhamdulillah untuk di muba tidak ada gejolak tidak ada maslah, hanya saja ada parab calon jamaah haji yang meghubingi kami melalui pesan whatsaap menanyakan kenapa kebarangkatan haji tahun ini tertunda.

“Ya kita,sudah memberikan jawaban tertundanya keberangkatan haji pada tahun ini dikarenakan masih tingginya penyebaran pandemi covid 19, Namun Insallah di tahun 2022 calon jamaah haji bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji, dari kami berharapa kita tetap bersabar karena ini semua sudah ketentuan allah kita hanya bisa berencana allah yang menentukan.,”tukasnya.

Tanggal Update on 9 Juni 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here