Beranda MUBA Razia Odol, Tim Gabungan Tindak 28 Pelanggar

Razia Odol, Tim Gabungan Tindak 28 Pelanggar

38
0

Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama Satlantas Polres Muba dan Polisi Militer (POM) AD menggelar razia mobil angkutan yang melintasi wilayah kabupaten Muba khususnya kedaraan angkutan barang yang melintasi jalan Kabupaten Kamis (1/4).

Razia kali ini, petugas gabungan langsung melakukan penindakan kepada kendaraan angkutan barang yang melanggar melebihi tonase atau overdimension Over Load (Odol) yang berdampak terhadap keselamatan.

Kepala Dinas perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin H. Pathi Riduan, S.E., ATD., M.M, didampingi Kabid LLAJ dan Rel Ahmad Wendiansah, S.SiT,SH, M.Si mengatakan penindakan dilakukan dengan sanksi tegas berupa tilang.

 

“Ya, sejak kemarin kita sudah menggelar razia dan langsung melakukan penindakan, dari razia banyak ditemukan KIR angkutan barang habis masa berlaku. Semua langsung kita tindak sanksi tilang.”ungkap pathi.

Dikatakanya, dari hasil razia di dua titik yakni di jalan Kabupaten tepatnya simpang bruge Kecamatan Babat Toman di dapati pelanggaran dan dilakukan penindakan berupa tilang sebanyak 10 pelanggar. Sementara, di titik lainya di jalan Kabuapten Keluang -Simpang Siku ada 18 kendaraan di lakukan penindakan.

“Rata-rata KIR angkutan semua habis masa berlakunya. & kendaraan yg over dimensi di lakukan pengukuran yang melebihi standar petugas menandai dengan cat pilok dengan tulisan “potong disini” ada juga kendaraan truk fuso gandeng yang besar punya PT.PWS masuk jalan kabupaten langsung di tilang. Jadi total penindakan tilang yang sudah dilakukan sebanyak ada 28 pelanggar,”imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas perhubungan Kabupaten Muba sebelumnya juga sudah mengeluarkan surat edaran nomor B.551/079/Dishub -II/2021 kepada seluruh Lurah dan kepala desa se Kabupaten Muba terkait pengawasan angkutan barang dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam ederan tersebut, diminta kau kepada seluruh kepala desa dan belum wilayah kabupaten musi banyuasin untuk mengawasi semua kendaraan kendaraan besar yang melewati batas pernah sayang ditentukan terutama untuk kendaraan trailer dan tronton khususnya di jalan kabupaten musi banyuasin sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 32 ayat 4 dengan ketentuan kendaraan sebagai berikut

1. Ukuran lebar kendaraan tidak melebihi 2,2 meter 2 .ukuran panjang kendaraan tidak melebihi 9 meter 3. Ukuran tinggi kendaraan tidak melebihi 3,5 meter 4. Ukuran muatan sumbu terberat 8 ton

Apabila ditemukan pelanggaran untuk segera melaporkan kepada instansi terkait ke polsek setempat dinas perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin mengingat masih banyaknya jalan-jalan Kabupaten yang baru diperbaiki mengalami kerusakan.

 

Tanggal Update on 1 April 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here