Beranda MUBA Proyek Strategis Jembatan Rako Berlanjut

Proyek Strategis Jembatan Rako Berlanjut

15
0

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memastikan proyek Jembatan penghubung antara desa Teluk Kijing 2 dan Desa Rantau Kroya, Kecamatan Lais (Jembatan Rako) dilanjutkan. Bahkan tahun ini proses pembebasan lahan untuk pangkal jembatan hingga akses jalan ke jembatan tersebut akan dituntaskan.

“Ada 8 pemilik lahan, dua di sisi Rantau Kroya dan 6 di sisi Teluk Kijing 2. Luasan lahannya yang akan dibebaskan sekitar 14 ribu meter persegi, sudah dianggarkan di ABT sekitar oktober atau november nanti,” ujar Kadis PUPR Muba H Herman Mayori didepan warga dan pemilik lahan saat meninjau titik nol Jembatan Rako, di desa Teluk Kijing 2, Kecamatan Lais, Selasa (3/8).

Dikatakanya, Proses pengerjaan sendiri akan dilakukan bertahap, untuk tahun ini pihaknya akan menuntaskan pembangunan tiang pancang jembatan melanjutkan pembangunan sebelumnya. Kenapa beberapa waktu belum terlihat ada pekerjaan?Herman menjelaskan hal itu lantaran adanya perubahan disain jembatan.

“Setelah di cek, ternyata struktur tanahnya merupakan batubara dibawahnya. Gak bisa di pancang, jadi dirubah disainnya, pengerjaan perubahan disain berlangsung 4 bulan dan selesai Juni tadi, makanya sekarang baru kita lanjutkan pekerjaannya,” bebernya.

Jembatan yang bakal membentang diatas Sungai Musi tersebut direncanakan sepanjang 360 meter, tidak hanya menjadi penghubung dua desa. Tapi juga menjadi akses pendekat menuju kawasan Air Hitam, Kabupaten Pali.

“Untuk pembangunan rangka Jembatan akan dilakukan tahun depan, yang jelas komitmen pak Bupati jembatan ini akan dituntaskan,” tukas Herman.

Arman, salah satu pemilik lahan mengaku senang akan adanya kepastian pembebasan lahan dan dilanjutkannya pembangunan jembatan. “Selama ini simpang siur, sekarang kita berharap ganti rugi nantinya layak. Tapi kita yang terpenting jembatan selesai dan bisa dirasakan manfaatnya,” pungkasnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan, Irvan ST, Camat Lais, Demoon Herdian Eka Suza, Kapolsek Lais AKP Herman Junaidi, Pjs Kades Teluk Kijing 2 Nazaruddin serta sejumlah pemilik lahan.

Tanggal Update on 3 Agustus 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here