Beranda MUBA Pasien Dengan Gejala Ringan Dirujuk ke Rumah Sehat.

Pasien Dengan Gejala Ringan Dirujuk ke Rumah Sehat.

8
0

Perkembangan pasien yang terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Musi Banyuasin beberapa minggu terakhir mengalami peningkatan yang positif maupun suspek di RSUD Sekayu. Hingga saat ini total pasien covid 19 yang di rawat di RSUD Sekayu Sebanyak 959 orang.

“Saat ini pasien yang menjalani perawatan di lantai 1 RSUD Sekayu sebanyak 96 pasien atau 18 persen, pasien dengan gejala berat. Untuk yang ringan dirujuk ke Rusunawas rumah sehat yang disiapakan oleh pemkab muba untuk pasien isolasi,”ungkap dr Allif Alfiansyah meneger opresional Rumah Sakit darurat penanganan covid 19 RSUD Sekayu melalui humas Andodi, jumat (9/7).

Guna mengantisipasi lonjakan pasien covid 19, RSUD Sekayu sudah mengambillangkah-langkah yaknk dengan menambah jumlah bet atau tempat tidur pasien

Dikatanya, sebelumnya jumlah bed yang ada sebanyak 112 bed (tempat tidur pasien) untuk saat ini kita telah melakukan upgrade menuju ke 137 bed atau tempat tidur.
Hari ini juga kita ada diminta untuk penambahan 4 bed lagi artinya saat ini jumlah bed untuk pasien covid 19 sebanyak 140 bed.

“Sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan untuk di rumah sakit, tenaga medis akan melakukan perawatan pada pasien yang dengan gejala sedang dan berat artinya pada gejala sedang dan berat itu rata rata ada keluhanya ada demam, batuk dan ada juga yang sesak.”,terangnya.

Lanjutnya, untuk kebutuhan medis sendiri, seperti oksigen dan obat-obatan alif menyebut saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan untuk sementara saat ini kebutuhan tersebut masih cukup.

“seperti oksigen memang saat ini terjadi peningkatan penggunaan dari pada tabung oksigen, tapi kita telah koordinasi dengan pihak-pihak terkait supaya untuk mencukupkan supplay oksigen RSUD Sekayu.,”bebernya.

Rata-rata pasien yang masuk memang memiliki sesak napas tapi ada juga yang tidak sesak napas tapi dia membutuhkan oksigen itu karena biasanya dengan dengan dengan  ‘happy hypoxia yang mana pasiennya tidak sesak akan tetapi kadar oksigen di dalam darah nya turun di bawah 95%

Terkait resiko kematian, di banding tahun sebelumnya ia menjelaskan ada peningkatan baik tingkat angka kasus kematiannya maupun kasus beratnya. Sehingga saat ini pihaknya fokus perawatan pasien yang berada di lantai 1

“Peningkatanya, fluktuatif tergantung pada kondisi pasien saat masuk. Rata-rata usia yang masuk ke dalam kasus berat yaknk usia lansia diatas 50 tahun atau yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti darah tinggi dibetes

Sementara, pasien yang saat ini menjalani isolasi di rusunawa sebanyak 27 pasien jumlah tersebut berdasarkan data yang tercatat di dinas kesehatan Kabupaten Muba.

Dari hasil laporan per tanggal 08/7/2021 saat ini jumlah pasien yang menjalani isolasi di rusunawa sebanyak 27 pasien dengan rincian Pasien lama : 33 orang Pasien baru : 1 orang Pasien pulang : 7 orang, Pasien rujuk : 0 orang dengan keterangan
4 orang ( rujukan puskesmas balai agung ), 8 orang ( rujukan RSUD SEKAYU )
, 3 orang ( Rujukan Rs Sungai lilin) (PERUSAHAAN/PT), 9 orang (Rujukan PKM Lumpatan), 1 orang (rujukan PKM babat toman)
2 orang (rujukan PT. Medco).

Tanggal Update on 9 Juli 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here