Beranda MUBA ODGJ dan Penyandang Disabilitas di Kecamatan Lais Mulai Di Vaksinasi Covid -19.

ODGJ dan Penyandang Disabilitas di Kecamatan Lais Mulai Di Vaksinasi Covid -19.

19
0

Penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masuk dalam kelompok rentan , Kamis (17/6) mulai dilakukan vaksinasi covid -19 untuk tahap pertama.

Selain kelompok rentan Vaksinasi covid-19 juga mulai menyasar masyarakat yang berusia diatas 18 tahun keatas. Kegiatan vaksinasi sendiri dilakukan atau di pusatkan di Kecamatan Lais.

Camat lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan saat ini bersama pihak terkait serta forkomincam masih terus melakukan vaksinasi covid -19 ke seluruh masyarakat.

“Alhamdulilah, vaksinasi covid-19 di Kecamatan lais hingga kini masih terus berjalan. Nah hari ini, vaksinasi juga dilakukan bagi kelompok rentan yakni penyandang disabilitas dan odgj untuk Vaksinasi tahap pertama,”ungkap Demoon

Dikatakanya, untuk kelompok ODGJ dan Penyandang Disabilitas ini, sebelumnya sudah kita lakukan kordinasi ke organisasi penyandang disabilitas dan ODGJ serta mensosialisasikan ke seluruh masyarakat. Dari hasil kordinasi untuk tahap pertama ini ada sekitar 10 lebih odgj dan 15 orang penyandang disabilitas yang di vaksinasi

Khusus untuk odgj, Demoon menyebut sebelum di vaksinasi, Mereka (ODGJ) terlebih dahulu di-screening. Jika kondisi badan bagus barulah disuntik selanjutnya di observasi. Jika tidak ada gejala mereka diantarkan kembali kerumahnya. Karena harus ada perlakukan khusus bagi mereka dalam pemberian vaksin.

“Hari ini untuk tahap pertama dipusatkan di Kantor Kecamatan, Tidak hanya kita juga akan jemput bola sehingga harapan kita vaksinasi covid-19 di Kecamatan lais menyasar ke seluruh komponen masyarakat,”tukasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Lais, Leli Hefni SKM MKes menyebutkan hingga saat ini capaian vaksinasi untuk lansia di wilayah kerja Puskesmas lais, Teluk,Epil, Danau Cala, Lais Utara, dan teluk kijing III sudah mencapai 15,27 persen sementara untuk pelayan publik 51,11 persen, guru dan tenaga pendidik 40,46 persen

“Nah hari ini yang usia diatas 18 tahun mulai dilakukan vaksinasi mudah -mudahan bisa mendongkrak capaian lebih tinggi Vaksinasi covid-19. Untuk odgj dan penyandang disabilitas hari ini juga mulai dilakukan vaksinasi, namun untuk odgj ini kita lihat keadaan kalo emang bisa kooperatif kita lakukan vaksinasi. Kita juga akan jemput bola untuk melakukan vaksinasi,”imbuhnya.

Tanggal Update on 17 Juni 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here