Beranda MUBA Masyarakat Sambut Baik Pelebaran Jembatan di Desa Epil Kabupaten Muba.

Masyarakat Sambut Baik Pelebaran Jembatan di Desa Epil Kabupaten Muba.

90
0

Masyarakat Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin menyambut baik adanya pelebaran jembatan di Desa Epil yang selama ini, sering terjadi Kemacetan karena sempitnya jembatan yang selalu dilintasi oleh pengguna jalan.

Kepala Desa Epil Armedi dikonfirmasi terkait adanya pelebaran jembatan mengatakan menyambut baik dan sudah selayaknya jembatan itu dilebarkan guna memperlancar pengguna jalan yang melintasi jalan nasional tersebut.

“Sebelumnya memang belum ada sosialisasi ke masyarakat, namun masyarakat sudah banyak mengatahui akan adanya pelebaran jembatan tersebut. Kami juga sudah menyampaikan kepada masyarakat perihal tersebut,”ungkap Armedi dihubungi, Kamis (11/3).

Dikatakanya, jembatan itu, sudah sejak lama akan dilakukan pelebaran, Namun belum bisa terlaksana. Di kepemipinan saya pelebaran jembatan harus segera dilakukan mengingat kondisi jembatan yang memang sangat sempit dan bisa membahayakan pengguna jalan jika melintas tidak berhati-hati.

“Jangan takut, ada preman atau lainya. Jembatan itu sudah sewajarnya dilebarkan,”tegasnya.

Hanya saja, Armedi meminta kepada pihak terkait yang nantinya akan melakukan pekerjaan pelebaran jembatan agar memasang rambu serta menempatkan petugas yang mengatur lalu lintas.

“ya, mengingat ini jalan nasional jalan antar lintas Kabuapaten agar diberi rambu. Untuk petugas mengatur lalu lintas Masyarakat di sini siap untuk diberdayakan,”tukasnya.

Sementara, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan, PJN 1 PPK 1.3 ruas jalan Betung-Sekayu-Mangunjaya saat ini sudah mulai melakukan perbaikan di ruas jalan yang rusak.

PPK 1.3 ruas jalan Betung -Sekayu – Mangun Jaya Endi Abdel Rozza, mengatakan pada tahun ini, pihaknya sudah menggarakan untuk perbaikan pelebaran jembatan yang berada di Desa Epil.

“Ya, memang ada rencana pelebaran jembatan di Desa Epil yang akan dilakukan, tapi kami masih menunggu jadwal pemindahan tiang listrik. Minggu lalu sudah koordinasi dengan pihak PLN karena disana ada tiang listrik, pipa pdam dan kabel fibre optic Nempel di badan jembatan.Jika semua selesai dipindahkan pelebaran jembatan akan dilakukan, “kata Endi.

Untuk pelebaran sendiri, jembatan yang saat ini hanya memiliki lebar 4,5 meter akan dilebarkan menjadi 7 meter mengikuti standar jalan nasional.

“Karena jembatan itu sempit sering terjadi kemacetan, daru itu uapaya kita untuk melakukan pelebaran jembatan,”,terangnya.

Lebih lanjut, endi menambahkan tidak hanya melakukan pelebaran jembatan pihaknya juga melakukan perbaikan jalan dimana pada tahun ini pihaknya akan melakukan perbaikan jalan dengan Panjang efektif yang dilakukan perbaikan yakni 100,53 Km dengan Lingkup kerja
Pemeliharaan rutin jalan 15,2 Km, pemeliharaan rutin kondisi 37,7 km,penunjang atau holding 41,73 Km,r ehabilitasi minor 5,7 Km, Rekonstruksi jalan 0,2 KM,Penanganan longsor 35 Km, rutin jembatan 560 ,7 M
Rehabilitasi jembatan 100,4 M, Peliharaan berkala jembatan 102,6 m, pelebaran jembatan 4,0 M,”ungkap Endi.

“Untuk anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan preservasi pelakasanaan jalan dan jembatan ruas jalan Betung -batas Kota sekayu-mangunjaya dari anggaran APBN Yakni Rp 33.669.537.460,60. Dengan Masa pelaksanaan 330 hari kalender.,”imbuhnya.

Tanggal Update on 2 April 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here