Beranda MUBA Ini Jumlah RTLH Yang Direalisasikan Dinsos dan Dinas PU Perkim Muba

Ini Jumlah RTLH Yang Direalisasikan Dinsos dan Dinas PU Perkim Muba

153
0

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) terus menuntaskan keberadaan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Bumi Serasan Sekate.

Tercatat, pada 2021 pemkab Muba mendapat alokasi program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) reguler APBN untuk realisasi RTLH sebanyak 150 unit yang akan dibangun atau direhab di dua Kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin.

Plt Kepala Dinas Perkim, Ir Rismawati Gathmir MT melalui Kabid Perumahan, H Fatahisalam ST MSi Kamis, (25/3) mengatakan Ada 150 unit RTLH yang akan direalisasikan pembanguan fisiknya di tahun 2021 yang alokasi dana bersumber dari APBN melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)
reguler.

“kemungkinan akan ada tambah juga dari prorgam NAHP untuk tahun ini.”ungkap Fatah

Ia menyebut, Dari 150 unit tersebut akan direalisasikan fisiknya untuk dua Kecamatan, yakni Kecamatan Sekayu 50 unit di desa sungai medak, untuk di Kecamatan Tungkal Jaya 100 unit di Desa Margo Mulyo 50 unit Desa Srimulyo 50unit, satu unit RTLH dianggarkan 20 juta.

Selain meralaisasikan 150 unit RTLH yang bersumber dari alokasi dana APBN, fatah menambahkan akan merealisasi pembangun fisik yang anggaranya bersumber dari dana alokasi APBD. Ada 45 unit RTLH yang akan direalisasikan di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Sekayu 35 unit Kecamatan Sungai Lilin 4 unit, Kecamatan Bayung Lencir 15 unit perunit dana yang direalisasikan yakni 50 juta.

“Ada dua sumber alokasi dana yang direalisasikan pada tahun 2021 APBN dan APBD untuk pelaksanaan realisasi pembangunan fisik. Sementara, untuk 2022 rencana yang akan diusulkan untuk RTLH dari anggaran APBD sebanyak 80 unit untuk Kecamatan Sekayu 40 unit terdiri dari kelurahan soak baru 10 unit, Kelurahan Balai agung 10 unit, Kelurahan kayuara 10 unit dan Kelurahan serasan Jaya, 10 unit. Sementara untuk di Kecamatan Lawang wetan di Desa Ulak teberau 20 unit dan di Kecamatan Batanghari Leko Desa talang leban 20 unit,”tukasnya.

Sementara, pada tahun 2021 dinas sosial kabupaten Muba melalui Program rehabilitas sosial rumah tidak layak huni (RTLH) merealisasikan pembangunan fisik RTLH sebanyak 87 unit yang tersebar di beberapa Kecamatan di wilayah kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala dinas sosial kabupaten Muba Ahmad Nasuhi Melalui Kabid Fakir miskin M. Syarif Toyib mengatakan ada 87 unit RTLH yang akan direalisasikan di 8 Kecamatan yakni Kecamatan jirak jaya 1 unit , Kecamatan Sekayu 1 unit, Kecamatan Sungai Keruh 15 unit, Kecamatan plakat tinggi 14 unit,Kecamatan Lawang wetan 14 unit, Kecamatan Babat Toman 14 unit Kecamatan Batanghari Leko 14 unit, Kecamatan Sanga Desa 14 unit.

“RTLH yang direakisasikan bersumber dari dana APBD, untuk kriteria penerima RTLH sendiri sudah dilakukan verifikasi dari Basis Data terpadu, Program rehabilitas sosial RTLH sendiri dalam hal melakukan pengentasan kemiskinan,”imbuhnya.

Tanggal Update on 25 Maret 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here