Beranda MUBA Di Muba, Ada 13.469 Data KPM BPNT Invalid

Di Muba, Ada 13.469 Data KPM BPNT Invalid

111
0

Jumlah penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) kabupaten Musi Banyuasin pada tahun 2021 mengalami penurunan di bandingkan 2020 sesuai data sebanyak ada sekitar 48.945 KPM.

Koordinator Daerah (Korda) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang membatu penyaluran Program Sembako BPNT Murjaya mengatakan memang benar ada jumlah penurunan KPM BPNT di Kabupaten Muba, penurunan yang terjadi dikarenakan data tersebut dianggap invalid.

“Data invalid yang diterima dari Kemensos per tahap 1 januari 2021 berjumlah 13.469 KPM se-kabupaten muba, Sementara KPM BPNT yang menerima bantuan sebanyak 33.775,”Ungkap Murjaya, Selasa (2/2).

Dikatakanya, data KPM BPNT yang invalid tersebut disebabkan ada beberapa permasalah diantaranya data ganda, KPM menerima dua program bantuan pusat.Penerima Bantaun BPNT ini 1 KK 1 KKS.

Tindak hanya invalid, Bahkan saat ini ditemukan juga persoalan di beberapa Kecamatan, KPM BPNT yang terdata menerima bantuan saat hendak mencairkan sembako diketahui saldo kuota sembako di rekening KPM kosong atau nol

“Jadi istilahnya bukan diblokir, hanya saja perlu dipastikan data tersebut di Dukcapil,saat ini kami juga tengah mengumpulkan data KPM BPNT yang diketahui saat mau mengambil sembako ternyata saldo kuota di rekeningnya kosong atau nol. Kasus seperti ini banyak ditemukan di setiap Kecamatan. Dari itu, setelah data nanti laporan semua masuk di krocek BNBA nya kemudian dilaporkan ke Kemensos melalui aplikasi , setelah divinalisasi dan disahkan Kemensos baru bisa di cairkan “katanya.

Murjaya menyebut, data KPM BPNT yang invalid tersebut, masih bisa diusulkan kembali menerima bantuan, namun sebelum diusulkan terlebih dahulu memastikan data KPM tersebut memang layak menerima bantuan.

“setelah di kroscek dan KPM dianggap layak, bisa diusulkan kembali, agar bisa menerima bantuan BPNT untuk di tahun berikutnya.Jadi masyarakat diimbau agar tidak harus binggung tinggal lapor saja ke dinas sosial atau pekerja sosial di tingkat bawah,”terangnya.

Lanjut dia, Penrima KPM BPNT menerima bantuan dalam dalam bentuk sembako dengan Kuota 200.000 yang bisa diambil di e-warung terdekat yang sudah bekerjasama yakni Bank BRI setiap bulanya.

“Di Muba, saat ini yang masih tetap dinamis sebanyak 175. Data ini kan dinamai mungkin saja di awal tahun ini akan bertambah karena mungkin ada perkembangan wilayah sehingga masyarakat bisa mencari e-warung terdekat,”ucapnya.

Murjaya menambahkan, data invalid kemungkinan dari akumulasi dari permasalah yang ada, salah satu contoh KPM menerima PKH namun sudah digraduasi tetapi dalam BPNT belum dalam sistem data, ini juga bisa masuk dalam data invalid atau KPM menerima PKH namun status nya KPM nya sudah tidak mempunyai syarat komponen penerima PKH, artinya data tersebut tidak valid tidak pernah di update lagi.

Saat ini, perbaikan data juga tengah berjalan untuk dilakukan proses verifikasi dan validasi data Adapun data – data yang diperbaiki itu meliputi :

1. Ganda dalam keluarga 2. Ganda identik tidak terpilih 3. Ganda tidak identik tidak terpilih 4. KKS tidak terdistribusi 5. Nonaktif finalisasi DTKS, 6. Nonaktif finalisasi BJS 7. Nonaktif finalisasi BST, 8. Nonaktif finalisasi dukcapil 9. PKH Graduasi 10. Tidak transaksi (flat) 11. KPM dengan ID BDT ganda12. KPM yang tidak memiliki ID BDT13. KPM dengan NIK 15 digit14. KPM dengan NIK anomali, 15. KPM dengan NIK ganda 16. KPM dengan NIK sama dengan ID BDT17. KPM dengan NIK sama dengan Nomor Peserta 18. KPM dengan NIK sama dengan nomor Kartu Keluarga 19. KPM dengan Nomor Rekening Ganda.

Sebagi informasi, bagi masyarakat yang mau mendapatkan bantuan BPNT ini masyarakat harus terlebih dahulu memastikan beberapa hal, yaitu, perlu dipastikan calon penerima sudah terdaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Keluarga Sosial (DTKS) yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here