Beranda MUBA Apdating DPB, Berikut Hasil Rekapitulasi KPUD Muba.

Apdating DPB, Berikut Hasil Rekapitulasi KPUD Muba.

28
0

Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Musi Banyuasin terus melakukan updating pemuktahiran data pemilih berkelanjutan (DPB), pemuktahiran ini dilakukan guna mendapatkan daftar pemilih yang bersih dan berkualitas pada pemilihan umum mendatang.

Ketua KPUD Muba Yupizer ST, mengatakan pihaknya saat ini terus rutin melakukan pembaharuan atau updating data pemilih berkelanjutan.

“Pemuktahiran ini dilakukan untuk memastikan dan melihat data pemilih tersebut memenuhi syarat sebagai pemilih namun, belum terdaftar dalam daftar pemilih,”ungkap Yupizer, Senin (11/10).

Selain itu, pemuktahiran dilakukan untuk melihat data pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat tetapi masih ada dalam daftar pemilih.Sehingga jika ditemukan data pemilih yang tidak memenuhi syarat pemilih segera akan lakukan penghapusan data.

“Untuk tahun 2020, kami telah menghapus data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat sebanyak 11333 pemilih. Nah untuk tahun 2021 belum bisa memastika berapa jumlah yang bakal dihapus, sebab kita saat ini masih terus melakukan updating pemuktahiran data,”katanya.

Yupizer menyebut, updating data pemilih berkelanjutan DPB yang dilakukan merujuk peraturan undang-undang pemilu tahun 2017 pada Pasal 14 huruf (l), dimana KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Updating DPB ini,kami juga berkordinasi bersama beberapa pihak yakni Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Musi Banyuasin, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin, Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin;
4. Kesejahteraan Rakyat(Kesra) Setda Kabupaten, Musi Banyuasin, Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Musi Banyuasin, Pengadilan Agama Kabupaten Musi Banyuasin, Polres Kabupaten Musi Banyuasin, TNI/Kodim 0401 Kabupaten Musi Banyuasin.”terangnya.

Lanjut dia, selain berkoordinasi dengan pihak terkait, KPUD muba juga membuka masukan masyarakat terkait dengan pemilih pemula,pemilih TMS, dan perbaikan elemen data pemilih secara online melalui website hhtps:// Kpu-Muba.go.id.

“Data awal yang kami lakukan updating yakni bersumber dari bersumber dari data pemilih tetap pemilu 2019 berjumlah 449854, ditambah DPK 8002 total 457. 856.,”terangnya.

Lebih lanjut, untuk jumlah updating data yang sudah dilakukan sesuai ketentuan Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor:132/PL.02- SD/01/KPU/II/2021 Tanggal 4 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, hasil Rapat Koordinasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Musi Banyuasin menghasilkan jumlah Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan yakni sebanyak 452.342 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 230.384 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 221.958 yang tersebar di 14 (empat belas) Kecamatan 227 Desa
Serta Menerima masukan data dar
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin berupa data hasil sandingan dengan data SIAK sejumlah 122 Biodata serta TNI/Kodim 0401 Kabupaten Musi Banyuasin sejumlah 11 Biodata

“Pemutakhiran data pemilih terus dilakukan apdating sehingga data pemilih senantiasa tersaji secara up to date. data  pemilih bersifat akurat dan akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan. Dan data ini juga akam menjadi data pembanding pada saatnya nanti pemilu mendatang digelar,”tandasnya.

Sekedar informasi, updating data pemilih berkelanjutan yang dilakukan merujuk Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya Pasal 14 huruf (l), KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

Pasal 17 huruf (l), KPU Provinsi berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
Pasal 20 huruf (l), KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
Dan Amanat Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017, Pasal 27 ayat (3),menyatakan setelah pemungutan suara, KPU/KIP Kabupaten/Kota memasukan data DPTb pada Informasi Data Pemilih guna Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan untuk Pemilihan atau Pemilu berikutnya;

Serta Amanat Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018, Pasal 58 ayat (1), menyatakan KPU menggunakan hasil kegiatan penyusunan Daftar Pemilih sebagai bahan dalam kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, serta Surat Edaran KPU RI nomor : 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021, maka KPU Kabupaten Kendal berkewajiban melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Adapun Tujuan dilaksanakannya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yaitu untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan Daftar Pemilih  pada Pemilu/Pemilihan berikutnya.
KPU Kabupaten Kendal dalam melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini, membuka layanan Pelaporan dan Tanggapan Masyarakat, baik secara online maupun secara offline.

Adapun Pelaporan Masyarakat dalam memberikan tanggapan/masukan terhadap Data Pemilih berupa :
1.Memperbaiki Elemen Data Pemilih  
2.Pemilih Baru (berusia 17 tahun sejak tanggal dan sudah melakukan perekaman E-KTP)
3.Pindah Domisili
4.Baru menjadi anggota TNI/POLRI
5.Purna dari TNI/ POLRI
6.Adanya anggota keluarga yang sudah meninggal Dan kondisi lainnya yang bisa dilihat dalam form

Tanggal Update on 11 Oktober 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here