Beranda MUBA Terdakwa Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas di Muba, Dituntut 8,6 Tahun

Terdakwa Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas di Muba, Dituntut 8,6 Tahun

112
0

Foto: Kasi Pidum Kejari Muba Habibi SH,

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin menuntut terdakwa N dengan hukuman 8 tahun 6 bulan penjara. Terdakwa N diduga melakukan tindak pidana pencabulan terhadap korban T (21) yang merupakan penyandang disabilitas.

Dalam tuntutannya, JPU menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 289 KUHP yakni barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seseorang melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul, dihukum karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan dengan pidana selama-selamanya sembilan tahun.

“Dituntut dengan hukuman 8 tahun 6 bulan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Muba Marcos MM Simaremare SH, melalui Kasi Pidum Habibi SH, didampingi JPU Reza Faizal SH, Senin (5/7).

Setelah sidang dengan agenda tuntutan, kata Habibi, selanjutnya akan dilaksanakan sidang denga agenda pledooi atau pembelaan yang dilakukan oleh terdakwa dan penasehat hukumnya. “Sidang selanjutnya dengan agenda pembelaan,” kata dia.

Sebagai informasi, terdakwa N yang merupakan warga Kecamatan Lais Kabupaten Muba diduga melakukan pelecelahan seksual terhadap tetangganya sendiri berinisial T yang merupakan penyandang disabilitas tuna grahita yakni keterbelakangan mental pada Minggu (7/3) lalu. 

Sementara, Sunarmana Sukamto dari kedeputian V kantor staf Khusus Presiden (KSP) menyambut baik argumentasi hukum jaksa dan tuntutan hukuman 8,5 tahun (8 tahun 6 bulan).

“Itu tuntutan mendekati maksimal. Semoga majelis hakim bisa mempertimbangkan argumentasi jaksa dengan seksama dan juga mempertimbangkan keadaan korban yang merupakan individu rentan yang seharusnya mendapatkan perlindungan lebih dihadapan hukum.,”,singkatnya.

Tanggal Update on 5 Juli 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here