Beranda MUBA Raperda Prakarsa DPRD Tahun 2021 Siap Dibaha

Raperda Prakarsa DPRD Tahun 2021 Siap Dibaha

6
0

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kab. Muba melaksanakan rapat Pembahasan Naskah Akademis dan draft perda Prakarsa DPRD Kab. Muba Tahun 2021, di Ruang Rapat Banmus DPRD Kabupaten Muba.

Rapat dipimpin oleh Ketua Bapemperda Arahman Senen, dihadiri Wakil Ketua II DPRD Irwin Zulyani, SH dan Wakil Ketua III. H. Rabik anggota bapemperda bersama perangkat daerah terkait yaitu Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perdagangan dan Perindustrian,Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Muba.

Pada Rapat tersebut, Tim Penyusun Naskah Akademia dan Raperda Prakarsa DPRD Tahun 2021 memaparkan konsepsi 2 (dua) Raperda prakarsa DPRD Kab. Muba, yaitu: 1. Raperda tentang Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan; dan 2. Raperda tentang Perlindungan Kekayaan Intelektual.

Tujuan dan sasaran dirancangnya Raperda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan adalah pertama Menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap penyusunan rancangan peraturan daerah tentang Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Kedua, merumuskan kedudukan rancangan peraturan daerah sebagai dasar pemecahan masalah berkaitan dengan Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Adapun Raperda tentang
Perlindungan Kekayaan Intelektual merupakan bentuk keseriusan DPRD Kab. Muba dalam upaya melindungi kekayaan intelektual dan mendorong ekonomi kreatif untuk memiliki legalitas dalam jaminan produk yang dipasarkan agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Berikut sasaran Raperda prakarsa tentang perlindungan kekayaan intelektual, yakni inovasi-inovasi dari masyarakat Kab. Muba yang sudah didaftarkan memiliki perlindungan hukum, serta memfasilitasi IKM untuk mendapatkan perlindungan hukum terhadap merek dan hak cipta.

Pada rapat tersebut disetujui 2 (dua) Raperda prakarsa tersebut untuk selanjutnya dibahas sesuai mekanisme pembahasan raperda yang diatur dalam Tata Tertib DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (ril)

Tanggal Update on 23 September 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here