Beranda MUBA Pemkab Muba Cover 141.644 Orang, Pada Program Asuransi Kematian

Pemkab Muba Cover 141.644 Orang, Pada Program Asuransi Kematian

33
0

Program asurasni kematian pemerintah kabuapten Musi Banyuasin (Muba) hingga saat ini masih berjalan, pada tahun 2021 sebanyak 141.644 masyarakat yang tercover dalam program tersebut.

Saat ini, program asuransi kematian bagi masyarakat kuranng mampu berada di Dinas sosial, dimana sebelumnya program tersebut dibawah bagain Kesra Setda Muba.

Kepala dinas sosial Ibnu Saat Sos, MSi melauli kepala bidang penaangan Fakir Miskin M. Syarif Toyib,,SKM .MM mengatakan program asuransi kematian bagi masyarakat katagori miskin sudah berjalan sejak terhitung 1 juli 2021 sampai dengan 2022.

“Tahun ini, kuota masyarakat katagori miskin yang tercover asuransi kematian ini sebanyak 141.644 warga. Untuk data masyarakat yang tercover tersebut sudah kami serahkan semua kepada pihak Kecamatan. Masyarakat bisa mengkroscek langsung apakah nama mereka masuk dalam data base,” ungkap Syarif, selasa (12/10).

Dikatakanya, bagi masyarakat yang menerima program asuransi kematian ini adalah masyarakat miskin yang datanya ada dalam data DTKS, desil 1 dan 2, Namun tidak semua masyarakat miskin yang masuk dalam DTKS tercover program teresbut.

“Saat ini jumlah masyarakat miskin yang masuk dalam data DTKS sebanyak 334. 211, makanya tidak semua masyarakat menerima program ini.hingga saat ini klaim asuransi kematian sudah mencapai 104 orang, untuk asuransi kematian yang diberikan kepada ahli waris sendiri sebesar Rp 3.000.000.Untuk proses klaim sendiri masyarakat bisa membawa persyaratannya ke kantor Dinas Sosial,”

Berikut dokumen-dokumen yang WAJIB dilengkapi saat pengajuan klaim:

Formulir Pengajuan Klaim dari Capital Life yang diisi dan dilengkapi oleh Ahli Waris;
Surat Permohonan dari Ahli Waris atau badan yang mengurusi pemakaman yang diketahui oleh
Kepala Desa/Lurah dan Camat,
Surat Kuasa Ahli Waris yang ditunjuk dan disepakati olehkeluarga bermaterai
Rp. 10.000,-dan diketahui oleh Kepala Desa/Lurah dan Camat

Fotokopi KTP Tertanggung (yang meninggal dunia) dan dibuktikan dengan aslinya pada saat
menyerahkan berkas; Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga Ahli Waris (dibuktikan dengan aslinya pada saat menyerahkan berkas);
Surat Pengantar dari Dinas Sosial Kabupaten Musi Banyuasin(Pemegang Polis);

Akta Kematian dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muba (asli/legalisir);
Surat keterangan meninggal dunia dari Instansi yang berwenang/Pamong Praja setempat
(jika Tertanggung meninggal meninggal dunia bukan di Rumah Sakit) atau dari Dokter/Rumah
Sakit(jika Tertanggung meninggal dunia di Rumah Sakit),(asli/legalisir);

Surat keterangan kronologis kematian dari Ahli Waris bermaterai Rp. 10.000,-
(jika Tertanggung meninggal dunia bukan di Rumah Sakit); Surat Keterangan Kepolisian disertai surat keterangan kronologis kecelakaan
(jika Tertanggung meninggal dunia karena Kecelakaan), (asli/legalisir); Fotokopi Cover Buku Tabungan;Dokumen lain yang dianggap perlu untuk mendukung/ melengkapi pengajuan klaim
(jika diperlukan).

Untuk Perhatian : Pengajuan dan kelengkapan dokumen klaim atas manfaat meninggal dunia harus dilaporkan atau diajukan kepada PT Capital Life Indonesia selambat-lambatnya 60 (enam puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal
meninggalnya Tertanggung/Peserta.

Klaim yang dilaporkan/diajukan setelah atau melebihi jangka waktu 60 hari kalendermaka klaim dianggap kadaluarsa dan PT Capital Life Indonesia tidak bertanggungjawab dan berhak menolak Pengajuan klaim tersebut.

mengajukan permohonan ke Dinas Sosial dengan
Membawa persyaratan dokumen yakni peserta terdaftar pada data masyarakat miskin yang telah didaftarkan ke pihak asuransi dalam hal ini PT Jiwasraya, surat pengantar dari Kabag Kesra, surat pengantar dari Camat, surat keterangan kematian dari Kades atau Lurah yang diketahui Camat.

Lalu, surat keterangan penguburan dari Lurah atau Kades yang diketahui Camat, surat keterangan ahli waris bermaterai Rp6.000, foto copy KTP dan KK ahli waris (menunjukkan aslinya), menunjukkan KTP asli yang meninggal dunia, masing-masing berkas dibuat empat rangkap.
Selain itu juga harus menyerahkan asli akte kematian dari Disdukcapil Muba, foto copy buku rekening ahli waris, berlaku 60 hari dari tanggal meninggal.

“Dengan adanya santunan kematian ini kita berharap dapat mengurangi beban masyarakat khususnya ahli waris musibah,” tandasnya.

Tanggal Update on 12 Oktober 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here