Beranda Muara Enim Pemkab Muara Enim Akan Lelang Online Sejumlah Barang Milik Daerah

Pemkab Muara Enim Akan Lelang Online Sejumlah Barang Milik Daerah

8
0

Sumselnews.co.id Muara Enim | Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan melakukan lelang Barang Milik daerah (BMD) dengan Aplikasi e-Auction yang telah dilakukan penilaian oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si. saat melakukan konsolidasi dengan Kepala KPKNL Lahat, M. Umar, S.Ip., M.M., bertempat di Ruang Rapat Kepala KPKNL Lahat, Rabu (01/09/2021).

“Dalam waktu dekat, Pemkab Muara Enim akan melakukan lelang BMD berupa kendaraan dinas roda empat, kendaaraan dinas roda dua, peralatan kantor dan Scraf yang dilaksanakan di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab. Muara Enim,” ujar Emran.

Emran menambahkan, penjualan barang milik negara atau daerah yang dilakukan oleh Pemkab Muara Enim dengan proses lelang telah tertuang dalam amanat Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaraan Negara Pasal 48 ayat (1), serta ditegaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Pasal 51 ayat (2) & (3),

“Dalam ketentuan proses lelang nantinya dapat diikuti oleh siapapun serta terbuka untuk umum. Tentunya dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. sehingga dapat menghasilkan pokok lelang yang cukup tinggi untuk menambah peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tambahnya.

Sementara itu, Kepala KPKNL Lahat, M. Umar mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan lelang BMD Pemkab Muara Enim nantinya.

Menurut Umar, penjualan melalui lelang lebih banyak memberikan keuntungan bagi pemerintah daerah, antara lain dapat meningkatkan PAD, mempunyai kepastian hukum, memenuhi asas transparansi dan akuntabel.

“Selain itu, kelebihan lelang lainnya adalah objektif, karena dilaksanakan di muka umum, di mana hak dan kewajiban di antara peserta lelang sama, kompetitif karena memiliki cara penawaran yang khas sehingga tercipta kompetisi dan harga yang optimal,” pungkasnya. (Aal/Prokopim-ME)

Tanggal Update on 1 September 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here