Beranda Pali Kunjungan Komisi 5 DPRD Provinsi  Ke Dinkes PALI, Lihat Stok Kunker dan...

Kunjungan Komisi 5 DPRD Provinsi  Ke Dinkes PALI, Lihat Stok Kunker dan Pelaksanaan 

3
0

PALI – sumselnews.co.id Komisi 5 DPRD Provinsi Sumatera Selatan, menyambangi Dinas Kesehatan kabupaten PALI, pada Rabu 29 septermber 2021 beserta rombongan.

H. Rizal Kennedy, salahsatu Anggota DPRD Provinsi Sumsel komisi 5 menerangkan, bahwa kedatangan dirinya beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja untuk melihat stok vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Bumi Serepat Serasan. 

“Dari jumlah warga yang harus divaksin sebesar 153 ribu warga PALI, namun proses vaksinasi baru diangka 24,54%. Artinya ada yang perlu dicari solusi, dan benar saja, ada kendala pelaporan oleh fasilitator dan vaksinator di kabupaten PALI,” kata Rizal. 

Politisi PPP itu menambahkan jika stok vaksin di Provinsi Sumsel masih ada. Apalagi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menambah stok vaksin untuk provinsi Sumatera Selatan, sebanyak 365 ribu dosis vaksin pada tahun 2021.

“Untuk itu, kami harapkan agar proses pelaksanaan vaksinasi di kabupaten PALI, tidak ada lagi hambatan dan kendala, sehingga target yang akan diraih segera dicapai, dan kabupaten PALI, akan terbentuk Herd Imunity,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Halimahtusakdiah membenarkan jika warga kabupaten PALI, yang sudah menjalani proses vaksinasi sebesar 24,54%, atau berjumlah 37.569 jiwa, per tanggal 27 September 2021.

Kendati demikian, angka tersebut membuat kabupaten PALI, menduduki peringkat ke-8 di Provinsi Sumatera Selatan, dalam pelaksanaan vaksinasi. 

Selain itu, Halimah juga menambahkan jika pihaknya gencar dalam melakukan jemput bola suntik vaksin ke warga. 

“Sejak bulan Juli lalu, Dinas Kesehatan bersama tim Satgas Covid-19 gencar melakukan vaksinasi ke desa-desa. Bahkan, baru-baru ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, menggelar vaksinasi ke sekolah-sekolah, terutama tingkat SMA,” jelasnya. 

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan bahwa ada 10 tempat, bisa melayani suntik vaksinasi di kabupaten PALI. 

“RSUD Talang Ubi, RS Perta Medika, Pertamina, tujuh Puskesmas yang tersebar di lima kecamatan, serta mapolres PALI. Dan setiap faskes, per harinya diberikan 100 dosis vaksin untuk melayani vaksinasi bagi masyarakat,” imbuhnya. 

Disinggung adakah kendala dalam pelaksanaan vaksinasi, Halimah mengakui ketersediaan jumlah dosis vaksin yang belum cukup, dari target Herd Imunity yang harus dicapai sebesar 70%.

“Namun, dalam waktu dekat kami akan tambah lagi stok vaksin ke Dinkes Provinsi. Selain itu, masih ada warga yang belum mau divaksin, namun jumlahnya sudah jauh berkurang. Karena sekarang, masyarakat sudah banyak sadar betapa pentingnya vaksin,” tambahnya.  ( Rn )

Tanggal Update on 30 September 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here