Beranda Uncategorized Kodim 0401/Muba Tertibkan Semua Lokasi Penyulingan dan Pengeboran Minyak yang berstatus Ilegal.

Kodim 0401/Muba Tertibkan Semua Lokasi Penyulingan dan Pengeboran Minyak yang berstatus Ilegal.

88
0

Muba-Komando Distrik militer Kodim 0401/Muba akan melakukan penertiban lokasi tempat penyulingan dan pengeboran minyak ilegal yang berada di wilayah hukum Kabupaten Musi Banyuasin. Penertiban akan dilakukan secara bertahap di beberapa titik lokasi yang dijadikan tempat penyulingan minyak ilegal.

Komandan kodim 0401/Muba Letkol Arh Faris Kurniawan ST MT kepada awak media kemarin mengatakan penertiban yang dilakukan hanya menjalankan adanya maklumat bersama antara pihak kodim 0401/Muba, Pihak Polres Muba serta pihak Pemda Muba

“Saya hanya menjalankan maklumat bersama antara Pemda Polres Muba dan kodim 0401/Muba , yang notabenya belum dicabut sampai sekarang,”Ungkap Dandim 0401/Muba letkol Arh Fariz Kurniawan ST MT.

Dikatakan orang nomor satu di jajaran Kodim 0401/Muba ini, selain menjalankan amanah maklumat, kegiatan-Kegiatan aktivitas penyulingan dan pengeboran yang selama ini dilakukan jelas merupakan kegiatan yang ilegal, selain melanggar peraturan kegiatan aktivitas yang dilakukan secara ilegal tersebut banyak memiliki dampak terhadap kerusakan lingkungan di sekitar.

Nantinya pemerintah daerah juga sudah membuat dan sudah mengusulkan bagaimana untuk memfasilitasi untuk mencari sokusi tentang adanya usaha- usaha dari masyarakat itu yang kaitannya dengan kegiatan ilegal.

“Dengan adanya kejadian beberapa hari kemarin, meledaknya lokasi penyulingan ya ilegal yang berada di desa sungai angit, Kita patut bersyukur dan alhamdulillah , Allah masih memberikan barokah bagi muba tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,”ucapnya.

Lanjut perwira berpangkat melati dua di pundak ini, paskah terjadinya ledakan di tempat lokasi penyulingan minyak ilegal kemarin , pihaknya langsung meninjau lokasi tersebut. Disana pihaknya melihat bawa akibat aktivitas penyulingan minyak ilegal dampak terhadap lingkungan sangat besar.Dari itu, selaku komandan kodim 0401/ Muba, Dirinya langsung mengambil inisiatif
Untuk langsung melakukan penertiban dan penutupan terhadap tempat penyulingan di seluruh wilayah kabupaten Muba.

“Sudah saya laporkan senua kepada komando atas Di Kodam II SWJ, Korem 044/Gapo, dan saya juga sudah
mengkonsultasikan kepada pihak Polres Muba serta ke Pemda Muba untuk melakukan penutupan terhadap tempat-tempat penyulingan aktivitas minyak ilegal. ini dilakukan hanya hanya semata-mata untuk menjaga tentang penegakan hukum menjaga tentang kondisifitas wilayah Serta menjaga tentang lingkungan hidup. Jadi bukan semata-mata usil-usilan saya, tapi saya hanya melaksanakan aturan yang ada,”cetus Lulusan akademi militer (Akmil) 2001.

Ia menyebut, tahap pertama penertiban yang dilakukan kemarin di tempat lokasi penyulingan , Alhamdulillah berjalan dengan baik, Namun pihaknya tidak bisa melakukan secara masif dan bersamaan.Penertiban akam dilakukan secara bertahap dan Tahap pertama ini pihaknya melaksanakan penertiban tempat penyulingan minyak ilegal yang berada di Kecamatan Babat Toman

” Di Babat Toman itu ada sekitar 28 tempat penyulingan yang sudah kita tutup, penutupan yang dilakukan tidak serta merta ditutup saja, tetapi pihaknya juga melakukan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, dan penambang bahwa aktivitas yang dilakukan tersebut merupakan aktivitas ilegal yang bisa membahayakan baik masyarakat sekitar maupun dari lingkungan hidup. Kita lakukan secara bertahap minggu depan kita akan masuk untuk melakukan penertiban dan penutupan yang lokasi tempat penyulingan minyak ilegal di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Bayung lencir,”terangnya.

Insyallah, kedepan Kodim 0401/Muba akan membantu program pemerintah daerah dalam hal melarang dan melakukan penambangan minyak secara ilegal. Dan kembali ditegaskan pihaknya akan menertibkan, sekali lagi bukan menutup kegiatan pengeboran minyak-minyak yang saat ini masih berstatus ilegal.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan penertiban yang dilakukan dari Kodim 0401/ Muba bisa memberikan solusi bagi pemda, sehingga pemda bisa mencari solusi yang terbaik bagi masyarakat khususnya bagi petani- petani minyak.Penertiban yang dilakukan Kodim 0401/Muba mengerahkan semua kekuatan Personil Gabungan, Seperti yang dilakukan kemarin melibatkan personil dari unit Intel Kodim Babina dan juga berkoordinasi dengan Polres serta Pol PP,”tukasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here