Beranda MUBA Kemensos Angkat Karya Penyandang Disabilitas Melalui Website dan Program Creative Disabilities Gallery

Kemensos Angkat Karya Penyandang Disabilitas Melalui Website dan Program Creative Disabilities Gallery

38
0

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional atau HDI 2020, Kementerian Sosial meluncurkan website (situs) dan program Creative Disabilities Gallery untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional atau HDI 2020. Website www.creativedisabilitiesgallery.com ini berisi karya penyandang disabilitas, pertunjukan seni, diskusi dan dialog, juga video profil penyandang disabilitas yang berpartisipasi.

Dalam sambutanya, pada pembukaan rangkaian HDI 2020, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat, dalam acara pembukaan Creative Disabilities Galery, Rabu 18 November 2020 mengatakan
Sesuai dengan tema HDI tahun ini yaitu membangun kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih terakses, dan berkelanjutan pascaCovid-19, Kementerian Sosial meluncurkan serangkaian acara mulai 18 November hingga akhir Desember 2020.

Dikatanya, Situs Creative Disability Gallery terdiri dari tiga ruang, yakni Creative Disability Exhibition, Creative Disabilities Show, dan Creative Disabilities House. Dalam Creative Disability Exhibition, pengunjung laman dapat menyaksikan hasil karya 40 penyandang disabilitas yang berasal dari 7 balai rehabilitasi Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial dan 37 peserta umum, serta pameran UMKM dari 60 peserta dari 18 lembaga atau yayasan, dan 42 peserta perorangan.

“Di sini produk karya penyandang disabilitas dapat masuk ke market place melalui channel e-commerce,” kata Harry.

Lanjut Harry, dalam ruang Creative Disabilities Show, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni oleh 66 peserta penyandang disabilitas dan dialog mengenai peran negara dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak difabel.

“Termasuk dialog mengenai peran dan dukungan keluarga bagi penyandang disabilitas,”terangnya

Pada ruang ketiga, lanjut dia yakni Creative Disabilities House, pengunjung laman dapat melihat video profil 63 penyandang disabilitas dan 49 lembaga yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

“Nanti akan ada penganugerahan Creative Disabilities Award,” bebernya.

Sementara, Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan penyandang disabilitas bukan hanya ada untuk dihormati, melainkan turut serta dalam setiap pembangunan manusia di Indonesia.Mari kita bersama menjadikan mereka bagian dari pembangunan manusia yang berkelanjutan di Indonesia.

Juliari, berharap rangkaian kegiatan peringatan HDI sepanjang November hingga Desember ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak penyandang disabilitas

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan HDI 2020 dengan semangat menghilangkan hambatan, dan membuka peluang pemulihan kondisi ekonomi para penyandang disabilitas pascapandemi COVID-19 untuk memastikan kualitas kehidupan penyandang disabilitas yang lebih baik,”imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here