Beranda Uncategorized DPP Partai Nasdem Kelurkan Keputusan PAW, C Kawairus Effendy Bakal Gantikan Amirul...

DPP Partai Nasdem Kelurkan Keputusan PAW, C Kawairus Effendy Bakal Gantikan Amirul Muktar di DPRD Muba.

201
0

Dewan pimpinan pusat partai nasional demokrat (Nasdem) telah mengeluarkan keputusan terkait adanya usulan pergantian antar waktu (PAW) salah satu anggota DPRD kabupaten Muba, Hal itu dibenarkan oleh sekertaris DPW partai Nasdem Provinsi Sumsel Hamzah Syakban.

” terkait PAW itu begini, keputusan itu merupakan hasil dari sengketa pileg pada tahun 2019, jadi itu bukan keputusan dari DPW tetapi itu keputusan dari mahkama partai yang memang sudah di sidangkan oleh mahkamah partai.Keputusan itu baru keluar di tahun ini. Kami dari DPW hanya meneruskan saja,”ungkap Hamzah singkat saat dihubungi awak media kemarin.

Dikatanya, terkait adanga PAW anggota DPRD di kabupaten Muba memang benar ada, namun itu bukan keputusan DPW tetapi itu keputusan dari DPP langsung.

Sementara, dikonfirmasi terkait adanya usulan PAW salah satu anggota DPRD dari partai Nasdem ketua DPRD Muba Sugondo melalui Kabag Persidangan dan Perundang-undangan, Iin Parlina SH MH membenarkan jika adanya surat masuk dari DPP Partai Nasdem terkait usulan PAW tersebut.

“Ya benar, beberapa hari lalu ada surat masuk dari DPP Partai Nasdem terkait usulan adanya PAW,Jadi DPRD ini kan hanya memenuhi tahapan. Salah satu tahapan administrasi yang dipenuhi yakni surat permintaan nama calon pengganti,” kata iin.

Iin menyebut, terkait PAW ini, DPRD Muba sudah melayangkan surat ke KPUD Muba terkait nama calon pengganti. Setelah mendapat jawaban dari KPUD nantinya akan di singkronkan terlebih dahulu. Surat balasan dari KPUD Muba itu merupakan salah satu diantara persyaratan yang harus dipenuhi. Sebab tidak hanya masih banyak persyaratan yang harus dilengkapi.

Lanjutnya, Jika semua persyaratan semua sudah terpenuhi, baru kita kirimkan ke Gubernur Sumsel melalui Bupati, Lalu Bupati membuat surat pengantar kepada Gubernur. Setelah semua akurat barulah Gubernur mengeluarkan SK tentang persemian pemberhentian dan penggangkatan PAW tersebut.

Terpisah, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD ) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah menerima surat dari Dewan perwakilan rakyat daearh (DPRD) Kabupaten Muba untuk meminta nama calon pengganti antar waktu (PAW) salah satu anggota DPRD periode 2019-2024 dari Partai Nasional (Nasdem) dari dapil tiga. Saat Ini, surat usulan PAW tersebut tengah berproses untuk dilakukan pemeriksaan dan memverifikasi berkas calon PAW.

” Ya, benar kami telah menerima surat usulan nama tersebut, KPUD butuh lima hari, untuk membalas surat dari DPRD Muba. Karena berkas calon penggati terlebih dahulu akan di lakukan verifikasi berkas,”ungkap Yupizer saat dihubungi awak media

Dikatakanya, Proses PAW sendiri, KPUD Muba akan meneiliti semua berkas untuk menjadi bahan pertimbangan apakah calon pengganti memenuhi syarat atau tidak.

Proses PAW sendiri diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2019
tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Prwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota

“Suara terbanyak nomor urut dua yang akan menggantikanya, namun berkas calon PAW Sendiri akan dilihat apakah memenuhi syarat atau tidak seperti apakah pernah terlibat kasus pidana, berapa jumlah suara sah pada saat pileg 2019 lalu dan lainya dan alhamdulilah rabu kemarin surat rekomendasi nama calon pengganti sudah kami serahkan ke DPRD Muba, ” tandasnya.

Tanggal Update on 6 November 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here