Beranda OKI Cegah Resiko Penyakit, dr Nia Edukasi Ibu Hamil Di Tulung Selapan

Cegah Resiko Penyakit, dr Nia Edukasi Ibu Hamil Di Tulung Selapan

16
0

OKI – Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, Puskesmas Tulung Selapan, Kabupaten OKI, adakan senam hamil yang diikuti oleh puluhan ibu hamil di wilayah Puskesmas, Tulung Selapan, meliputi wilayah Desa Tulung Selapan Ilir, Tulung Selapan Timur dan Kelurahan Tulung Selapan Ulu, Selasa (20/9/2022).

Hal itu diungkapkan, dokter PKM, dr Rafenia Nayani, saat dibincangi, usai mengadakan senam sehat ibu hamil, di aula Puskesmas Tulung Selapan.

dokter muda yang biasa disapa dokter Nia ini mengatakan, senam hamil tersebut merupakan program inovasi ASUHAN, hal tersebut didasari atas pengamatan terhadap ibu hamil di wilayahnya.

“Tingginya angka kelahiran dan kunjungan ante natal care di Puskesmas Tulung Selapan belum selaras dengan pengetahuan ibu hamil, karena kami melihat, masih banyak ibu hamil yang berisiko penyakit penyerta seperti anemia, darah tinggi, hipertiroid, stroke, dan kurang energi kronik,” ujarnya.

Lebih lanjut dokter Nia menjelaskan, penyebab berbagai resiko penyakit tersebut, dikarenakan, jarak kehamilan terlalu dekat, usia terlalu muda atau terlalu tua. Selain itu pengetahuan mengenai mengurus bayi baru lahir, status imunisasi dan gizi juga masih kurang.

“Oleh karenanya, kelas ibu hamil ini dibuat agar menjadi awalan yang baik, kami juga memberikan sosialisasi kepada ibu hamil tentang pentingnya menjaga kesehatan selama hamil,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas Tulung Selapan, Sentriyadi, SKep, MKes, Ketua IBI Kecamatan Tulung Selapan, Witri Novita,STr.Keb Bidan Koordinator Yessi, dan jajaran di Puskesmas Tulung Selapan.

Diakhir acara, Puskesmas Tulung Selapan memberikan hadiah berupa bingkisan susu hamil dan hadiah bagi peserta ibu hamil tersebut.

Tanggal Update on 21 September 2022 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here