Beranda Nasional Tips Merawat Sepatu Kesayangan agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Sepatu Kesayangan agar Tidak Cepat Rusak

52
0
Sumber: pixabay.com

Saat ini cara merawat sepatu agar tidak cepat rusak banyak dicari. Sebab, benda satu ini memiliki nilai fungsional yang sangat bermanfaat bagi pemakainya. Selain untuk melindungi kaki, sepatu juga merupakan fashion item yang dapat menunjang penampilan.

Koleksi sepatu branded akan semakin awet jika cara perawatannya tepat. Salah satu hal yang memusingkan adalah Anda harus mengenali bahan untuk membuatnya. Berbeda bahan maka cara perawatannya tidak sama.

Cara Merawat Sepatu Kesayangan Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Permasalahan dalam perawatan sepatu yang sering muncul adalah ketika menyimpannya dalam waktu cukup lama, beberapa bagian akan mengelupas. Selain itu sol juga sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara merawat sepatu agar tidak cepat rusak.

Anda pasti kecewa ketika akan memakai koleksi sepatu kesayangan, namun ternyata sudah tidak layak lagi. Sedang untuk memilikinya harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Agar terhindar dari hal tersebut, maka sepatu Anda harus mendapat perawatan dengan benar.

Bukan hanya masalah kebersihan, cara penyimpanan dan tempatnya sangat berpengaruh pada awet tidaknya koleksi sepatu. Beberapa tips berikut dapat membantu Anda untuk menjaga sepatu tetap nyaman dipakai, meskipun sudah dipakai beberapa tahun.

1. Pilih bahan berkualitas

Sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas memang lebih mahal. Namun Anda akan lebih percaya diri memakainya karena cuttingnya lebih nyaman di kaki.  Bahannya juga pilihan sehingga tidak mudah rusak.

Sebaiknya hindari membeli sepatu KW karena tidak terjamin kualitasnya. Meski harus menabung untuk mendapatkan produk berkualitas, lebih kuat dan dapat dipakai lama, jadi semakin hemat.

2. Pahami karakter bahannya

Setiap bahan sepatu harus mendapat perlakuan berbeda. Kanvas atau jenis lainnya lebih mudah dalam hal perawatan karena dapat dicuci menggunakan air. Begitu juga jenis bahan karet.

Berbeda dengan kulit atau suede. Kedua bahan ini tidak tahan dengan air. Bersihkan sepatu berbahan kulit dengan menggunakan lap lembab dan segera keringkan kembali. Untuk membuatnya tetap lentur dan tidak pecah, oleskan lotion khusus.

Sedangkan suede merupakan bahan yang tidak boleh terkena air. Cara membersihkan cukup dengan mengusapkannya saja. Apabila ada noda yang tertinggal, bersihkan dengan penghapus khusus.

Jika salah dalam memperlakukan sepatu, akan membuatnya cepat rusak. Untuk model dengan bahan kombinasi, ketika membersihannya harus ekstra hati-hati. Setiap bagian harus mendapat perlakuan berbeda.

3. Gunakan sesuai dengan tempat

Penggunaan sepatu harus menyesuaikan dengan tempat. Jika sepatu berbahan beludru dipakai untuk acara di alam bebas, maka akan mudah rusak karena kotor dan air. Begitu juga dengan bahan yang lainnya.

Agar lebih fleksibel, Anda bisa memilih sepatu berbahan kain karena tahan terhadap semua kondisi. Saat ini, model sepatu olah raga sedang trend, desainnya yang simple cocok untuk segala acara dan suasana. Bahannya juga kuat serta dapat digunakan oleh tua dan muda.

4. Segera bersihkan

Salah satu penyebab sepatu cepat rusak adalah membiarkan basah dalam waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan lembab, tumbuh jamur dan sol mudah lepas. Segera bersihkan dan keringkan sepatu setelah menggunakannya. Selain membuatnya awet, juga menjaga agar tidak muncul bau apek.

5. Jangan menyimpan dalam box terlalu lama

Menyimpan sepatu terlalu lama dapat menyebabkan bahan sepatu cepat mengelupas. Meski terlihat kering, namun bisa saja tempat penyimpanan lembab dan berdebu. Memasukkan sepatu bersih dalam box memang bisa menjaganya dari kotoran.

Namun jangan melakukannya dalam kurun waktu yang terlalu lama. Cara menyimpan sepatu agar tidak mengelupas adalah dengan sering mengeluarkan dari kotak dan mengangin-anginkan minimal sebulan satu kali.

6. Hindari lembab

Lembab dapat menjadi penyebab kerusakan pada sepatu yang paling utama. Hindari hal tersebut dengan memastikan bahwa ketika masuk penyimpanan, benar-benar dalam keadaan kering. Cara menyimpan sepatu agar tidak berjamur adalah dengan menjaganya dari lembab.

Anda tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena hal ini justru membuatnya cepat rusak dan warna memudar. Cukup angin-anginkan saja. Pada saat penyimpanan, jangan lupa memasukkan silica gel ke dalam kotak.

Fungsinya adalah menyerap lembab. Silica gel mempunyai batas untuk dapat menyerap udara basah di sekitar sepatu. Oleh karena itu, harus diganti secara rutin agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

7.  Taburkan bedak talk

Bedak talk cukup bermanfaat untuk merawat sepatu. Masukkan sejumput dan biarkan. Selain dapat membantu menyerap kelembaban, bedak juga berfungsi menghilangkan bau tidak sedap sehingga tetap wangi dan fresh.

8. Letakkan kertas di dalam sepatu

Kertas koran yang dikepal sebesar tangan dapat membantu menjaga koleksi tetap awet. Masukkan masing-masing ke dalam sepatu kiri dan kanan. Koran dapat mengoptimalkan penyerapan lembab dan mempertahankan bentuk selama dalam penyimpanan. Setelah itu, letakkan pada rak sepatu.

Meski cara-cara ini cukup simpel namun terbukti dapat membuat koleksi sepatu tetap awet, fresh dan tahan lama. Anda harus rajin mengecek walau sudah menyimpannya dalam lemari khusus. Tujuannya untuk memastikan semua koleksi aman dan dapat segera mengusir jika ada serangga.

Kualitas sepatu sangat berpengaruh pada awet atau tidaknya. Membelinya dengan harga sedikit lebih mahal namun awet tidak ada salahnya. Anda pun akan semakin PD menggunakannya.

Salah satu merek sepatu berkualitas adalah Skechers yang dapat dibeli secara online di Blibli. Tersedia berbagai model yang sangat keren dengan banyak pilihan warna. Anda dapat berbelanja sepatu di Blibli dengan nyaman dan aman.

Selain koleksinya banyak, harganya terjangkau, produknya pun berkualitas. Blibli hanya menjual produk terbaik karena bekerjasama dengan seller terpercaya. Berbelanja secara online di Blibli, cara mudah dan tepat.

Setelah membeli, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips di atas. Selain itu, pastikan untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan sepatu cepat rusak. Hal ini agar usaha Anda dalam merawat sepatu agar tidak cepat rusak tidak sia-sia dilakukan.

Tanggal Update on 2 April 2022 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here