Beranda Palembang Kerja Keras Gubernur HD Untuk Wujudkan Sumsel Maju Tak Terbantah

Kerja Keras Gubernur HD Untuk Wujudkan Sumsel Maju Tak Terbantah

204
0

Sumselnews.co.id Palembang | Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru (HD) telah membuktikan janji kampanye dan program kerja untuk mengubah wajah Sumsel menjadi daerah yang maju, merata dan lebih baik dari sebelumnya.

Hal itu ditunjukkan dengan digalakkannya berbagai terobosan dan akselerasi pemerataan pembangunan. Tidak ada satu daerah pun yang tidak disentuh oleh program Bantuan Infrastruktur Provinsi, artinya 17 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumsel semuanya menerima gelontoran dana untuk membangun atau memperbaiki sarana dan prasarana publik seperti jalan, jembatan dan lain-lain.

Pengamat Kebijakan Publik Sumsel, Fadhil Maskur menilai, semangat Gubernur HD yang begitu antusias menebar program ke seluruh pelosok Sumsel adalah bagian dari kejar target program kerjanya sebagaimana dijanjikan kepada rakyat saat pilkada.

Selain itu, menurut Fadhil, terlihat juga misi dari jargon yang diusung periode pemerintahannya yakni Sumsel Maju untuk Semua, sehingga semangat agar program pembangunan bisa dilaksanakan di seluruh daerah tanpa terkecuali, dalam arti tidak ada daerah yang diistimewakan atau dikucilkan, begitu menonjol.

“Kita menyaksikan, selama periode kepemimpinan Deru dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun, pembangunan oleh pemerintah provinsi dijalankan di mana-mana. Di media bisa kita lihat bagaimana Gubernur dengan ditemani Bupati atau Walikota setempat meresmikan bantuan pembangunan infrastruktur dengan begitu antusias, penuh kekompakan dan saling menghargai. Tampak betul hubungan yang harmonis antara Gubernur dengan Bupati atau Walikota dan dalam beberapa kesempatan mereka memakai baju adat setempat sebagai penghargaan atas budaya lokal dan keragaman,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (16/6).

Sementara itu, Pengamat politik Deni Lesmana dari Lembaga Jari Nusantara Jakarta menilai, preferensi atau keberpihakan nyata dari Gubernur Herman Deru untuk pemerataan kemajuan Sumsel tak terbantahkan. Hampir semua sektor di setiap daerah telah mengalami sentuhan pembangunan berkat tangan dinginnya. Berbagai pembangunan dan peningkatan infrastruktur seperti akses jalan dan jembatan, sistem drainase, bangunan pendidikan atau sekolah, sarana olahraga, normalisasi sungai, irigasi hingga pembangunan non fisik seperti internet desa.

“Secara politik, semua itu adalah bagian dari pembuktian janji kampanye dan tentu bukan hanya itu, karena jika berhasil maka dengan sendirinya akan dirasakan rakyat dan mereka pasti mau kepemimpinan model begitu diteruskan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (16/6).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur yang digalakkan di berbagai daerah dalam kondisi pandemi sudah barang tentu adalah hasil pemilahan dari yang terpenting atau yang paling prioritas setelah program penanganan covid.

Sektor penanganan pandemi dan bantuan sosial lalu pemulihan ekonomi adalah program penyerta yang tak bisa diabaikan.

Dalam konteks itu, menurut Deni, Pemprov Sumsel layak mendapat apresiasi karena upayanya untuk membangun secara merata terus bergelora di tengah pandemi yang masih melanda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here