Beranda Ogan Ilir IWO OI Dukung PWI Tempuh Jalur Hukum Atas Pengancaman, Pelecehan Serta Ujaran...

IWO OI Dukung PWI Tempuh Jalur Hukum Atas Pengancaman, Pelecehan Serta Ujaran Kebencian

274
0

SumselNews.co.id Ogan Ilir | Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Ogan Ilir (OI) Sumsel, Mengecam Keras tentang postingan yang melecehkan nama organisasi Pers PWI, serta ujaran kebencian dan tuduhan yang tidak mendasar, yang di posting akun Facebook (FB) Srie De Anakebimo Shr di grup FB “Ogan Ilir Memilih Pemimpin” (OIMP), pada Sabtu (21/08/2021) dini hari.

Dalam Postingan akun FB Srie De Anakebimo Shr di grup OIMP, Mempersoalkan 2 gambar yang sudah tayang oleh media Tribun Pos, tentang pengaduan Wartawan terhadap Oknum Kades, serta Pengancaman terhadap Ketua PWI Ogan Ilir melalui Inbok Mesengger, yang juga ikut di posting oleh akun tersebut.

Dan sangat jelas didalam statemen postingan itu penuh dengan ujaran kebencian, pelecehan serta tuduhan tidak mendasar, bahkan mencatut yang berbau Wartawan ujung-ujungnya uang.

Adiwinata selaku Ketua Pengurus Harian IWO OI mengatakan, bahwa ia mengecam dan mengutuk keras apa yang yang di posting akun Srie De Anakebimo Shr, ini sudah masuk pelecehan serta ujaran kebencian dan tuduhan yang tidak mendasar, dan saya berharap ini dibawa Keranah hukum, Ungkap Ketua IWO OI.

Dan kalaupun nantinya ini akan berlanjut ke ranah hukum oleh PWI, sambung Adiwinata, kami seluruh Pengurus Daerah IWO OI siap mendukung, bagaimanpun juga jiwa Korsa Jurnalis itu yang harus dikedepankan, dan hal ini jangan sampai terprovokasi.

“Sebagai sesama wartawan dan organisasi profesi, kami mendukung langkah Ketua PWI OI untuk melanjutkan kasus ini ke ranah hukum. Kalau kasus ini dibiarkan, jelas akan merusak citra dan wibawa pers di masyarakat,” kata Adi.

Menurut Adi, apa yang dilakukan pemilik akun media sosial itu jelas menunjukkan ketidakpahamannya terhadap tugas wartawan. Jika kasus ini berlanjut, dirinya berpesan agar pemilik akun tersebut siap-siap menjalani sanksi hukum yang berlaku.

“Bila perlu IWO OI juga akan ikut melaporkan kasus ini ke polisi, karena sebagai sesama wartawan kami menilai kasus ini merupakan bentuk penghinaan terhadap profesi, bukan lagi atas nama pribadi,” ujar Ketua IWO OI.

Sementara Suharmawinata, selaku Dewan Etik IWO OI mengatakan, Rekan-rekan media harus berani bersikap tegas, karena ini sudah merusak Marwah dan martabat insan pers. Kalau hal ini kita diamkan, maka kejadian ini akan terulang dan menjadi preseden buruk kedepannya buat insan media. Pungkas Suharmawinata. (w1n24)

Tanggal Update on 21 Agustus 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here