Beranda Muara Enim Bentuk Kepedulian, PTBA Relokasi 188 KK ke Perumahan Layak Huni

Bentuk Kepedulian, PTBA Relokasi 188 KK ke Perumahan Layak Huni

57
0

SumselNews.co.id Muara Enim | PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan 3 Noble Purpose (Nilai Luhur) yang dijunjungnya, yaitu di mana pun Bukit Asam berada dan beroperasi: Pertama, harus mampu membangun peradaban (We Explore to Civilization); Kedua, harus mampu menciptakan kesejahteraan (We Explore to Prosperity); dan Ketiga, harus mampu membangun masa depan yang lebih baik lagi (We Explore to Brighter Future), kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.

Sebagai wujud implementasi dari 3 nilai luhur tersebut, PTBA merelokasi warga Karang Tinah dan Dok Mutik, Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan warga Bedeng Obak, Desa Lingga ke Perumahan Bara Lestari, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

“Kegiatan hari ini adalah sebagai wujud implementasi dari values nilai luhur tersebut. Kami ingin masyarakat di sini meningkat peradabannya, masa depan anak-anaknya lebih baik, kehidupan ekonominya lebih baik, secara kesejahteraan bisa menempati rumah yang lebih layak. Karena kebanyakan rumah ini adalah peninggalan PTBA dari tahun kapan, yang sebetulnya sudah tidak layak lagi untuk dihuni,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT Bukit Asam Tbk Suryo Eko Hadianto dalam sambutannya saat memulai relokasi secara simbolis di depan Musala Al-Istiqomah, Bedeng Obak Tanjung Enim, Sabtu (01/05/2021).

Suryo Eko menegaskan bahwa pemindahan ini bukan karena tujuan PTBA ingin menggali batu bara di bawahnya, tetapi benar-benar karena kesadaran melihat kondisi hunian warga yang sangat memprihatinkan.

“Kami tahu bahwa dalam mempersiapkan mungkin masih banyak hal yang kurang, tidak sempurna, tapi kami berkomitmen di tempat baru ini akan kami jadikan sebagai kampung binaan Bukit Asam, Jadi kami tidak tinggal diam begitu mengantar hari ini ke sana, kami tinggal pergi, tidak. Kami masih bertanggung jawab menjadikan dusun ini, kampung baru ini adalah kampung binaan,” tegasnya.

“Karena saya bukan membuang warga sini ke sana, tapi saya ingin menjadi lebih sejahtera. Harapan saya, kita pindah dengan suasana yang bahagia. Kalau ke sana tidak bahagia, namanya saya buang manusia. Kalau di sana tidak lebih sejahtera, kayaknya kita buang manusia dengan sia-sia, itu bukan kami, kami akan bertanggung jawab. Mudah-mudahan niatan baik ini dapat restu dan ridho dari Tuhan yang Maha Kuasa, sehingga seluruh kegiatan ini bisa lancar,” harapnya.

Sementara itu, Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar dalam sambutannya atas nama masyarakat Kabupaten Muara Enim, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Bukit Asam Tbk atas kepedulian yang diberikan.

“Bentuk kepedulian ini, saya berharap jangan hanya sampai di sini, karena masih banyak kaum-kaum yang menurut hemat saya termarginalkan di kabupaten ini,” ucapnya.

Menurut dia, PTBA merupakan salah satu stakeholder terbesar yang memberikan dukungannya dalam pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

Relokasi ini merupakan lanjutan dari program PTBA yang telah dimulai sejak 2014 lalu. Saat itu itu sekitar 428 Kepala Keluarga (KK) warga Karang Tinah, Dok Mutik dan Bedeng Obak telah berhasil dipindahkan ke Perumahan Bara Lestari. Selanjutnya, pada 2021 ini terdapat 188 KK lagi direlokasi secara bertahap yang dimulai pada hari ini. PTBA telah menyiapkan 163 rumah layak huni yang terdiri dari 50 rumah tipe 21 dan 113 rumah tipe 34, sisanya akan dipindahkan pada tahap berikutnya.

Proses relokasi dimulai secara simbolis ditandai dengan penyerahan kunci kepada perwakilan warga dan pemecahan kendi yang dilakukan oleh Dirut PTBA bersama Plh Bupati Muara Enim, Ketua DPRD Muara Enim, Kapolres Muara Enim, dan Danramil 404-05 Lawang Kidul. (Aal)

Tanggal Update on 1 Mei 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here