Kepolisian Sektor Plakat Tinggi satu-satunya Polsek di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin yang tidak lagi memiliki kewenangan untuk melakukan penyidikan kasus.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan).

Kapolres Musi Banyuasin , AKBP Erlintang Jaya SH.SIK mengatakan, kebijakan ini sudah langsung di implentasikan sejak 1 April 2021. Hal tersebut sesuai dengan ditandatanganinya SK Kapolri pada 23 Maret 2021 yang lalu.

“untuk di Muba , Polsek Plakat Tinggi kebijakan itu sudah mulai di implementasikan sesuai arahan pimpinan awal April harus dilaksanakan,”ungka Erlin.

Ia menyebut, , kebijakan ini merupakan program prioritas Kapolri berkaitan dengan bidang transformasi, program penataan kelembagaan, kegiatan penguatan Polsek dan Polres sebagai lini terdepan pelayanan Polri, dengan rencana aksi mengubah kewenangan Polsek hanya untuk pemeliharaan Kamtibmas pada daerah tertentu tidak melakukan penyidikan.

“Nanti untuk pelayanan masyarakat, penerimaan laporan atau aduan, penyelidikan masih bisa dilaksanakan. Hanya penyidikan dilaksanakan di Polres atau Polsek terdekat, melihat kualitas pelanggaran pidananya,”imbuhnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini