Beranda OKU Timur Lanosin Pastikan Penuhi Hak Dasar Disabilitas di OKU Timur

Lanosin Pastikan Penuhi Hak Dasar Disabilitas di OKU Timur

0

OKUT | Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin Hamzah dan Adi Nugraha Purna Yudha, memiliki komitmen khusus untuk memenuhi hak dasar penyandang disabilitas di OKU Timur.

Bang Enos, Lanosin Hamzah biasa disapa, memastikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah konkret untuk memenuhi komitmen tersebut.

Enos melihat penyandang disabilitas menjadi kelompok yang rentan terperosok ke jurang kemiskinan. Karenanya, penyandang disabilitas sangat perlu dipenuhi hak dasarnya.

“Mereka kelompok yang sangat rentan untuk jatuh pada kemiskinan. Hak dasar mereka harus segera dipenuhi agar dampak tersebut bisa segera diatasi,” imbau Enos saat dihubungi dari kawasan Martapura, Selasa (25/8).

Salah satu hak dasar yang menjadi perhatian khusus Enos bagi penyandang disabilitas yakni akses terhadap pendidikan. Enos berencana memberikan bantuan agar para penyandang disabilitas dapat mengakses pendidikan, seperti bantuan peralatan sekolah, termasuk pemberian beasiswa khusus.

“Kami segera sediakan akses pendidikan terhadap kelompok disabilitas. Ini agar mereka juga mendapatkan kesempatan yang sama. Kami akan optimalkan bantuan-bantuan, misalnya peralatan sekolah dan beasiswa-beasiswa khusus untuk penyandang disabilitas,” tutur Enos.

Enos juga akan melakukan permberdayaan untuk penyandang disabilitas dengan mengadakan pelatihan-pelatihan UMKM. Enos bahkan telah menyiapkan akses permodalan untuk membantu disabilitas berkembang.

Caranya, kata Enos, bisa dilakukan dengan menggandeng pihak swasta, termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Untuk pemberdayaan penyandang disabilitas, kami akan membuat pelatihan-pelatihan kewirausahaan dan menyediakan modal. Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan Gubernur Sumatera Selatan dan menggandeng pihak swasta untuk demi mengoptimalkan rencana tersebut,” Kata Enos.

Tanggal Update on 25 Agustus 2020 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here