Beranda Palembang Kisruh Kudeta, Tiga Ketua DPC Demokrat di Sumsel Dipecat

Kisruh Kudeta, Tiga Ketua DPC Demokrat di Sumsel Dipecat

19
0

PALEMBANG | Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Selatan (Sumsel) memecat tiga Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) yakni Pagar Alam, Ogan Ilir dan Musi Banyuasin. Ketiganya dipecat terkait kisruh kudeta Partai Demokrat.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumatra Selatan Ishak Mekki mengatakan, mereka yang dipecat mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatra Utara. “Ketiganya diberhentikan sejak 4 Maret atau menjelang KLB dan kini sudah ada penggantinya,” kata Ishak Mekki, Jumat (12/3).

Ishak bilang, kader yang diberhentikan ini sebelumnya sempat dihubungi namun ponsel yang bersangkutan dimatikan, dan ternyata saat dipantau sudah ada di Sumatera Utara.
3 Ketua DPC Demokrat di Sumsel Dipecat (1)

Ishak menuturkan, Partai Demokrat telah diobok-obok dan dikudeta. Gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat menurutnya tidak mencerminkan langkah yang tepat dalam mengambil alih partai dan illegal.

Selain itu, syarat dari KLB harus sesuai aturan partai yang tertuang dalam AD/ART yakni harus menghadirkan 2/3 DPD, 50 persen suara DPC dan restu Majelis Tinggi. Saat ini pihaknya telah berkomunikasi antar DPD dan DPP seluruh Indonesia.

“Kami juga membuat laporan ke kanwil Kemenkumham, harapannya dapat disampaikan ke Kemenkumham RI sebagai pernyataan sikap penolakan Sumsel terhadap KLB Deli Serdang,” jelas dia.

Ishak Mekki pun mempertegas para kadernya di Sumsel untuk solid dan ikut kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pimpinan Demokrat yang sah sesuai Kongres ke V PD.
Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rifqi Adrian Kristanto, mengungkapkan akan segera membuat lampiran dari hasil pernyataan sikap DPD dan DPC Sumsel.
“Memang secara hukum kepemimpinan Demokrat 2020-2025 masih tercatat merupakan keputusan yang sah. Pemerintah akan bersikap objektif sesuai UU yang berlaku,” katanya.**KUM

Tanggal Update on 14 Maret 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here