Beranda Lahat Ada Pungli Urus KK dan KTP, Kadisdukcapil : Laporkan ke Aparat Hukum

Ada Pungli Urus KK dan KTP, Kadisdukcapil : Laporkan ke Aparat Hukum

295
0

SumselNew.co.id Lahat | Masyarakat Desa Pajar Bulan Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, keluhkan adanya pungutan biaya mengurus dokumen kependudukan.

Bahkan biaya mengurus dokumen kependudukan tersebut di pasang tarif dalam setiap item dokumen.

“Waktu mengantarkan berkas ke pemerintah desa, memang tidak diminta biaya apapun,  tapi setelah dokumen tetsebut selesai kami diminta membayar Rp 75 ribu per item dokumen,”ungkap salah satu warga yang emggan namanya ditulis pada Senin,  (08/03/2021).

Lanjutnya, uang senilai itu dipegunakan untuk membayar jasa yang mengurus,”kalau dua item yang dibuat KK dan KTP jadi Rp 150 ribu, biaya yang harus di bayar.,”katanya.

Kepala Desa Pajar Bulan Debi Saherli saat dikonfirmasi membantah pihaknya telah memungut biaya KK dan KTP,”Sampai hari ini belum ada yang membayar biaya KK dan KTP, semuanya gratis,”ungkap Kades.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lahat Iskandar Supratman SE,MM di dampingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Nangkada Lindungan Putra mengatakan bahwa dalam pelayanan dokumen kependudukan semuanya gratis.

“Apabila ada oknum pegawai disdukcapil yang meminta uang silahkan laporkan ke aparat penegaknl hukum,”tegasnya.

Dalam pelayanan dokumen kependudukan,  kata Supratman,  pihaknya melayani dengan cepat dan tanpa biaya,

“Sejak awal 2021, kami sudah menerapkan pelayanan cepat,  yakni 30 menit harus selesai dengan catatan kelengkapan dokumen yang diperlukan tercukupi,”pungkasnya. (Mr/Ags).

Tanggal Update on 9 Maret 2021 by admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here