Beranda MUBA Puskesmas di Muba layanani Rapid Test Gratis

Puskesmas di Muba layanani Rapid Test Gratis

0

SEKAYU | Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) telah menyediakan fasilitas pelayanan rapid test gratis dengan metode

screening (pemeriksaan) terhadap COVID-19 kepada warga yang ingin memastikan kondisi kesehatannya.

Untuk dapat menikmati fasilitas ini, masyarakat tinggal datang ke puskesmas dan membawa kartu identitas diri

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah. MARS mengatakan pelayanan rapid test gratis tersebut ada di 28 Puskesmas yang ada di wilayah kabupaten Muba.

“Jadi masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatannya boleh melakukan terapi tes di Puskesmas terdekat gratis.Masyarakat juga diharpakan sadar diri dalam hal pencegahan salah satunya dengan melakukan rapid tes di puskemas terdekat,”kata Azmi, Senin (6/7).

Pelayanan rapid test grtais ini, Azmi menyebut di prioritaskan bagi masyarakat yang berstatus ODP yang memiliki gejala, keluraga OD yang memiliki riwayat penyakit rentan seperti hipertensi, diabetes dan lainya, ibu hamil, balita lansia dan anak pesantren.

“Jadi ketika pasien datang petugas Puskesmas akan melakukan wawancara terkait riwayat perjalanan riwayat kesehatan dan lain-lainnya,”tandasnya

Sebagai informasi, sebelumnya, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex mengatakan menjaga daya tahan tubuh untuk tetap sehat di era new normal sangat penting. New normal ibarat kehidupan baru di masa pandemi dengan protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19 sehingga setiap orang harus melakukan penyesuaian.

“Saat ini sejumlah pasar, tempat ibadah, restoran, sarana transportasi dan sarana olahraga sudah mulai beroperasi kembali. Hal ini dilakukan demi menjaga roda perekonomian masyarakat yang sempat terganggu akibat Covid-19. Adapun penjelasan beradaptasi di era new normal ini perlu kita pahami agar tidak binggung, sehingga mudah untuk dilakukan,” Ucapnya.

Ditambahkan Dodi Kita harus dapat mengubah mainset dan penerapan social distancing dengan cara yang baik serta peduli terhadap sesama. Di sini lah kita harus saling menjaga satu sama lain dan saling memperdulikan.
L

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here