Beranda MUBA Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dinas TPHP Muba Sidak Ke Pedagang Hewan Qurban

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dinas TPHP Muba Sidak Ke Pedagang Hewan Qurban

18
0

SEKAYU | Jelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban 1441 hijriah Dinas Tanaman dan pangan Hortikultura Kabupaten Musi Banyuasin melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban di tempat para pedagang penjual hewan kurban.

Pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan, guna memastikan hewan kurban yang dijual oleh pedagang hewan ternak kambing dan sapi aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat saat pemotongan hewan kurban, selain itu, sidak yang dilakukan mengantisipasi adanya penyebaran penyakit pada ternak yang dibawa masuk dari luar Kabupaten Muba.

Kepala Dinas Tanaman dan pangan Hortikultura Kabupaten Musi Banyuasin Ir. Thamrin ditemui usai mengecek dan memeriksa langsung hewan kurban yang dijual oleh pedagang sapi dan kambing yang berada di Jalan Muara Teladan Lk III Rt 34 Rw 10 Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin
mengatakan dalam pemeriksaan yang dilakukan petugas tidak menemukan penyakit yang membahayakan pada kambing maupun sapi yang dijual oleh pedagang.

“Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan semua hewan kurban baik kambing maupun sapi semuanya klir karena yang kita lakukan pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku baik itu masalah kesehatan maupun masalah umur hewan kurban tersebut.”Kata Thamrin, selasa (28/7).

Dikatakannya, ada satu hewan kurban kambing yang ditemukan belum mencukupi umur, namun sudah kami imbau agar tidak menjualkan kambing yang usianya belum cukup umur.

“Alhamdulillah di Kabupaten Musi Banyuasin tidak ditemukan adanya penyakit-penyakit yang membahayakan seperti penyakit Jembrana pada sapi. sekarang lagi merebaknya penyakit yang menyerang ternak babi dan alhamdulilah di Kabupaten Musi Banyuasin imbasnya tidak ada samapi menyeranc ternak baik kambing maupun sapi,”,tukasnya.

Sementara, Salah satu pedagang hewan kurban H. Herman Munir ditemui di lokasi penjuaalan hewan qurban miliknya yang berasa di jalan Muara Teladan Lk III Rt 34 Rw 10 Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin mengatakan bahwa hewan – hewan baik sapi maupun kambing kurban yang siap dijual dipastikan dalam kondisi sehat.

“Kami pastikan semua hawan disini yang siap jual dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat baik kambing maupun sapi,secara rutin hewan ternak disini selalu dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan dari dians TPHP,”kata herman.

Dikatanya, mengenai harga hewan sendiri, Herman menyebut Untuk saat ini sapi yang terjual sudah mendekati angka 70 ekor dibandingkan tahun lalu mencapai 80 ekor, tinggal 10 atau 8 ekor lagi yang bisa terjual dalam 2 hari ini, ” terangnya

Sedangkan disisi penjualan kambing, lanjut dia, mengalami peningkatan cukup banyak hingga saat ini kambing sudah terjual di angka 130 ekor, dibandingkan tahun lalu hanya terjual 100 ekor. “Alhamdulillah, pada tahun ini tidak begitu turun drastis, ” katanya.

Lalu, pihaknya juga, lebih lanjut Herman menerangkan, harga pada tahun ini pihaknya menurunkan guna meringankan beban warga yang ingin berkurban seperti sapi per ekor itu diturunkan kisaran Rp 500 ribu.

“Biasa dijual per ekor Rp 17 juta diturunkan Rp 16,5 juta dan kambing tahun lalu dijual per ekor Rp 2,5 juta menjadi Rp 2,3 juta saja, “tukasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here