Beranda Palembang Mau Jadi Taruna/Taruni Politekhnik Penerbangan , Ini Jadwal dan Persyaratanya.

Mau Jadi Taruna/Taruni Politekhnik Penerbangan , Ini Jadwal dan Persyaratanya.

218
0

PALEMBANG – Pengumuman Nomor : SM.501/1863 Poltekbang.Plg-19 tentang seleksi penerimaan calon taruna/taruni (Sipencatar) jalur Non reguler Politekhnik penerbangan palembang tahun akademik 2020/2021.

Politeknik Penerbangan Palembang mengundang putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sederajat untuk dididik menjadi Taruna/Taruni Diklat Perhubungan Jalur Mandiri (Non Reguler) yang profesional di bidang penerbangan, melalui Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Jalur Mandiri (Non Reguler) Politeknik Penerbangan Palembang untuk memenuhi kebutuhan Industri Penerbangan.

Untuk program Sutudi D-IV TRBU (Teknologi Rekayasa Bandar Udara) dengan persyaratan SMA/MA (IPA), PAKET C (IPA), SMK/MAK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi PesawatUdara, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif,Teknik Konstruksi dan Properti (Teknik Bangunan).

Selain itu program studi D-III MBU (Manajemen Bandar Udara) dengan persyaratan SMA/MA (IPA/IPS), PAKET C (IPA/IPS), SMK/MAK
Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Otomotif, bisnis dan Pemasaran, Manajemen
Perhotelan, Akuntansi dan Keuangan.

Pendaftaran sendiri mulai dibuka pada Tanggal 13 Januari s.d 28 Februari 2020; 2. Calon Taruna/Taruni hanya berhak memilih 1 (satu) Program Studi yang ditawarkan; 3. Calon Taruna/Taruni wajib memperhatikan dengan seksama Program Studi yangtersedia sesuai dengan persyaratan ijazah kelulusan/jurusan dari SMA/sederajat merujuk pada tabel Program Studi di bawah ini sebelum melakukan pendaftaran, sehingga tidak terjadi kesalahan pendaftaran;
4. Kesalahan pendaftaran terhadap pilihan Program Studi tidak dapat dianulir;
5. Calon Taruna/Taruni dapat memilih Program Studi yang ditawarkan tanpa dibatasi
domisili asli.

Untuk persyaratan pendaftaran yakni
1. Warga Negara Indonesia;
2. Usia Minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun pada bulan Januari 2020;
3. Tinggi badan minimal :
a. Program Studi TRBU : Pria 160 cm dan wanita 155 cm
b. Program Studi MBU : Pria 165 cm dan wanita 160 cm
4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas
narkoba;

5. Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya
atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
6. Calon Taruni tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tinding di telinga
lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan);
7. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial
maupun total;
8. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan
kejahatan;

9. Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna/Taruni di lingkungan Badan
Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak
hormat;
10. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal
antara lain mengkonsumsi dan atau menjualbelikan narkoba, melakukan tindakan
kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan
tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
11. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen;
12. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (bermaterai
6000 Rupiah);
13. Memiliki Surat Elektronik/ e-mail yang masih aktif.

Tata Cara pendafataran : 1. Calon Taruna/Taruni wajib melakukan registrasi (login) pendaftaran melalui
http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id, registrasi (Login) akan dibuka tanggal 13
Januari 2020 pukul 00.01 WIB;
2. Calon Taruna/Taruni wajib melengkapi data diri pada formulir yang telah
disediakan;
3. Calon Taruna/Taruni melakukan pembayaran setelah mendapatkan notifikasi
melalui e-mail yang telah didaftarkan sebelumnya dan mengunggah (upload) bukti
pembayaran;

4. Calon Taruna/Taruni mengisi data pada formulir yang tersedia dan mengunggah
(upload) dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, terdiri atas :
a. Akte Kelahiran (format file JPEG/JPG/PNG/PDF maks 500kB);
b. Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap ke depan ukuran 4 x 6
cm ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran file min 300kB dan maks 500kB
dengan format JPEG/JPG;

c. KTP dan/atau KK Calon Taruna/Taruni yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang
belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi
permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna/Taruni yang berusia di
bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) format file
JPEG/JPG/PNG/PDF maks 500kB;
d. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (format file
JPEG/JPG/PNG/PDF maks 500kB);

e. Dokumen persyaratan lainnya diunggah (upload) dalam 1 (satu) file dengan
format PDF maks 1MB terdiri atas :
1) Surat keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh
Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan yang ditandatangani oleh
pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua);
2) Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai 6000 Rupiah dapat
diunduh (download) di http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id;
f. Batas akhir unggah (upload) berkas tanggal 29 Februari 2020 pukul 23:59 WIB;
g. Panduan pendaftaran dan ketentuan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat
pada http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id.

Jenis dan Biaya Seleksi :
1. Peserta wajib mengikuti seluruh tahapan seleksi setelah dinyatakan lulus seleksi
administrasi;
2. Biaya seleksi setiap tahapan menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni;
3. Tata cara pembayaran seleksi dapat dilihat di laman
http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id
4. Besaran biaya seleksi ditetapkan sesuai dengan Peraturan Perundangan.
5. Jenis biaya seleksi.

Jenis Seleksi Biaya Seleksi

A. Pendaftaran dan Seleksi
Administrasi 150.000Biaya pendaftaran dibayar padasaat membuat akun
pendaftaran (Log in) di website
sipencatar.poltekbangplg.ac.id

B. Seleksi Akademik 150.000 keterangan
Biaya seleksi (point B s.d F)
total sebesar Rp. 1.525.000,-
dibayarkan setelah dinyatakan
lulus seleksi administrasi
(pemberitahuan via email yang
terdaftar)C. Seleksi Psikotes Rp 300.000
D. Seleksi Kesehatan Rp 625.000
E. Seleksi Kesamaptaan Rp 300.000
F. Seleksi Wawancara Rp. 150.000
Biaya seleksi kesehatan tidak termasuk (exclude) rontgen thorax.

Biaya pendaftaran seleksi dibayarkan melalui rekening Bank Mandiri, Nomor :
113-00-1172423-8 (RPL 014 POLTEKBANG PLG UTK DK).Untuk, Lokasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni Non Reguler (Jalur Mandiri) di
Politeknik Penerbangan Palembang Jl. Adi Sucipto No.3012 Sukarami, Palembang
30155 Sumatera Selatan – Indonesia Telp. (0711) 410930.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
0821-8095-1069 (Wahyudi Saputra)
0811-787-6466 (Kencana Putri).

Jadwal Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni

Waktu Pelaksanaan
1.Pendaftaran Jalur Mandiri (Non Reguler)
Penerimaan Calon Taruna/Taruni Politeknik
Penerbangan Palembang
13 Januari s.d 28 Februari 2020

2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 03 Maret 2020

3. Pelaksanaan Tes Seleksi Akademik 09 s.d 13 Maret 2020

4. Pelaksanaan Tes Seleksi Psikotes 09 s.d 13 Maret 2020

5. Pelaksanaan Tes Seleksi Kesehatan 09 s.d 13 Maret 2020

6. Pelaksanaan Tes Seleksi Kesemaptaan 09 s.d
13 Maret 2020

7. Pelaksanaan Tes Seleskai Wawancara 09 s.d 13 Maret 2020

8. Pengumuman Akhir Seleksi 18 Maret 2020

9 .Masuk Asrama 29 Maret 2020

10.
Masa Dasar pembentukan karakter
(Madatukar)
30 Maret s.d 10 April 2020
Perubahan jadwal seleksi dapat diakses di http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id

1. Kesalahan dan/atau lalai dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi
tanggung jawab Calon Taruna/ Taruni;
2. Biaya Pendaftaran dan seleksi tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun;
3. Panitia Penerimaan Taruna/ Taruni Politeknik Penerbangan Palembang tidak
melayani surat menyurat;
4. Calon Taruna/Taruni yang tidak melakukan registrasi online di
http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id dan/atau tidak menggunggah salah
satu/seluruh berkas lamaran maka Calon Taruna/Taruni tersebut tidak dapat
mengikuti seleksi administrasi dan dinyatakan gugur;
5. Calon Taruna/Taruni yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan
seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan,
maka dinyatakan gugur;
6. Keputusan Panitia Calon Taruna/Taruni Politeknik Penerbangan Palembang
Tahun Akademik 2020/2021 tidak dapat diganggu gugat;
7. Calon Taruna/Taruni yang dinyatakan lulus tahapan seleksi akhir, selama
mengikuti pendidikan akan diasramakan;
8. Pendaftaran yang dilakukan sebelum tanggal 13 Januari 2020 dianggap tidak
sah;
9. Kelulusan Calon Taruna/Taruni adalah prestasi Calon Taruna/Taruni sendiri.
Jika ada Pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun,
maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan kepada Calon Taruna/
Taruni , keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk
apapun yang dilarang dalam peraturan perundang-undangan terkait
pelaksanaan seleksi, apabila diketahui maka akan diproses sesuai dengan
hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya;
10. Pengaduan atas dugaan adanya pelanggaran penerimaan dapat melalui
http://sipencatar.poltekbangplg.ac.id atau melalui email :
poltekbang.plg@dephub.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here