Beranda MUBA Komitmen Berantas Narkoba, Puluhan Pegawai Lapas Sekayu Di Tes Urine Mendadak

Komitmen Berantas Narkoba, Puluhan Pegawai Lapas Sekayu Di Tes Urine Mendadak

22
0

SEKAYU | Bentuk komitmen dalam pemberantasan narkoba khususnya di lembaga pemasyarakatan , Puluhan pegawai dan staf Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II B Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin melaksanakan mendadak dilakukan tes urine.

Dengan melibatkan, petugas dari dinas kesehatan (Dinkes) Muba tes mendadak itu dilakukan usai rapat seluruh petugas yang dipimpin langsung Kepala Lapas Klas II B Sekayu, Pudjiono Gunawan .

“Ya, kita hari ini melakukan tes urine bagi seluruh petugas dan staf disini (Lapas, red), usai melakukan rapat seluruh jajaran, ” kata Pudjiono disela-sela melihat pelaksanaan tes urine, selasa (3/3).

Dikatakan Pudji, dengan memakai filosofi smenyapu lantai menggunakan sapu kotor pasti lantainya akan kotor dirinya berkomitmen bahwa pihaknya akan lebih dahulu bersih dari narkoba.

“ketika kita menggunakan sapu yang bersih. Insyaallah, lantai tersebut akan bersih. Jadi penjabarannya, kalau petugas Lapas sudah bersih dan bebas dari Narkoba maka kita bisa menegakkan aturan yang jelas dalam pemberantasan Narkoba, “ucapnya.

Lanjutnya, bilamana masih ada petugas yang tidak berkomitmen dan bermain-main dengan Narkoba pasti akan sulit, oleh karena itu dengan adanya kegiatan tes urine ini diharapkan bisa menjadikan ukuran dalam pemberantasan Narkoba di dalam Lapas.

“Artinya pada saat petugas melakukan razia Narkoba, petugas bisa merasa yakin karena sudah bersih, sehingga dalam penindakan bagi warga binaan bisa lebih tegas sesuai aturan yang ada, ” terangnya

Ia menegaskan, pihaknya sangat berkomitmen dalam memerangi peredaran Narkoba, bilamana ada informasi ada petugas Lapas jadi pemakai atau pengedar, walaupun sudah beberapa kali diberikan peringatan.

“Maka dirinya secara langsung mengantarkan ke pihak kepolisian. Kalau dari tes ini terindikasi ada petugas, sanksinya pasti ada berupa pembinaan sesuai peraturan, ” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Klas IIB Sekayu, Trinopayada menambahkan, tes urine ini dilakukan untuk semua pegawai dengan jumlah 71 orang, dan hasil tes dilakukan petugas medis Dinkes Muba seluruhnya negatif.

“Kita tidak mau ada pegawai yang terindikasi penyalagunaan narkoba, bahkan sebagai sample juga ada 20 ke warga binaan di tes urine dan hasilnya negatif juga, ” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here