SEKAYU | Lapas Sekayu berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Banyuasin (Muba) membahas persiapan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Selasa (9/7/2024).

Kalapas Sekayu, Yosef Leonard Sihombing beserta jajaran menyambut langsung Ketua KPU Muba, M. Sigid Nugroho, dalam hal ini diwakili oleh Haryanto Ardi, Anggota KPU Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi beserta rombongan di Ruang Kalapas.

“Koordinasi bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keterlibatan warga binaan dalam proses demokrasi,” kata Yosef.

Hal itu dikarenakan pentingnya partisipasi warga binaan dalam Pilkada, sebagai bagian dari hak politik yang harus dihormati dan difasilitasi dengan baik.

Yosef mengatakan, koordinasi dengan KPU Muba merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa warga binaan dapat menggunakan hak pilih.

“Kami harus memastikan penyalurkan hak pilih mereka dengan aman dan tertib,” ujar Yosef.

Pada kesempatan itu, Kalapas Sekayu berkomitmen untuk menyediakan fasilitas yang memadai, dan memastikan seluruh proses berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam kegiatan koordinasi ini, dibahas berbagai aspek teknis terkait penyelenggaraan Pilkada, seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas, termasuk penempatan TPS, logistik pemilu, serta prosedur pengamanan.

“Selain itu, juga dibahas mengenai sosialisasi dan edukasi kepada warga binaan, mengenai pentingnya partisipasi dalam Pilkada dan tata cara pemungutan suara,” kata Yosef.