Sumselnews.co.id Jakarta | Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mempersiapkan diri untuk menjalankan program swasembada pangan.

Hal ini disampaikannya dalam Seminar Nasional Fraksi Partai Gerindra Komisi IV DPR RI, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

“Prabowo belum dilantik jadi presiden sekarang masih dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Beliau sedang mempersiapkan diri untuk bagaimana melangkah lebih jauh mewujudkan janji-janji kampanye. Dan salah satu janji kampanye yang sedang beliau garap secara sungguh-sunggu adalah swasembada pangan, termasuk makan bergizi,” kata Muzani.

Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI ini menjelaskan, gairah masyarakat terhadap mewujudkan swasembada pangan sekarang sudah terasa. Di mana-mana orang mulai ingin beralih menjadi peternak susu, membuat ayam bertelor, menanam sayur.

“Di mana-mana orang ingin berpikir menjadi suplier bagi kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, dan di mana-mana orang-orang bergairah bertanya kapan ini program ini bisa dimulai? Ini berkah kekuasaan. Mudah-mudahan yang kita rencanakan ini akan mendapatkan jalannya,” ungkap Muzani.

Wakil Ketua MPR RI ini mengungkapkan, bagaimana pemerintah juga tengah berusaha adanya lahan ubtuk pertanian, dan ini upaya dalam memenuhi pangan sebagai kebutuhan dalam negeri.

“Devisa kita begitu banyak dihabiskan untuk impor beras, untuk impor energi, karena untuk bisa terpenuhi dari kebutuhan-kebutuhan produk dalam negeri kita. Kita harus hemat devisa. Negara yang kuat adalah negara yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri,” jelas Muzani.

“ Negara yang kuat adalah negara yang memiliki kemampuan dan kekuatan memenuhi kebutuhan energinya sendiri. Dan itulah yang ditekadkan oleh Pak Prabowo,” sambungnya.

Menurut dia, bukan hanya fokus di militer yang kuat, sebuah negara juga harus memiliki ketahanan pangannya. Inilah yang tengah diusahakan dan diwujudkan pada Prabowo ke depannya.

“Karena itu Prabowo ingin pertahanan kifa dikuatkan secara total. Pangannya kuat, energinya kuat, tentaranya juga,” pungkasnya.(rel)