Sumselnews.co.id Baturaja | semakin beragam elemen masyarakat Ogan Komering Ulu (OKU) yang menginginkan perubahan pada momen Pilkada serentak November 2024 nanti.

Oleh karena itu, sebagian besar dari mereka tidak takut lagi menyatakan sikap dan memberi dukungan kepada satu bakal pasangan calon (paslon) cabup dan cawabup OKU, yang diyakini mampu membawa perubahan tersebut.

Paslon dimaksud tak lain dan tak bukan, Yudi Purna Nugraha (YPN) dan Yenny Elita Sofyan Sani (YESS). Dua politisi muda yang saat menjabat Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dan DPD Partai NasDem OKU.

Nah, kini giliran para insan perbatuan (batu akik) bersama pentolan-pentolannya yang tergabung dalam Aliansi Gemstone Aman (AGAM) Baturaja, yang menyatakan dukungan untuk YPN – YESS.

Mereka semua terang-terangan menyatakan sikap mendukung sepenuhnya YPN – YESS, dan siap menghantarkan keduanya menjadi Bupati dan Wabup periode 2024 – 2029.

Pernyataan sikap ini disampaikan secara terbuka di sebuah kafe di bilangan Jl Gajah Mada 1 Baturaja, Sabtu (15/06/24) malam.

Arjuwin Taqwa alias Cik Win, selaku Ketua AGAM Baturaja menegaskan bahwa pihaknya akan turut berjuang dengan segenap jiwa raga mencapai kemenangan besar dalam menghantarkan YPN YESS.

“Mereka semua (insan perbatuan) sengaja kami kumpulkan. Ini momen pas. Disini ada sesepuh pemain batu, ada penambang, ada tukang gosok dan para seller (penjual). Mudah-mudahan gerbong baru dari kami ini, akan menjadi warna baru di barisan YPN YESS,” katanya.

Kenapa pilih YPN – YESS? Itu tadi, kata Cik Win, bahwa AGAM sangat menginginkan dan merindukan perubahan di Bumi Sebimbing Sekundang. Makanya, mereka tak takut melontarkan pernyataan sikap ini.

“AGAM itu artinya senang. Kami senang YPN maju sebagai cabup. Kami senang beliau berpasangan dengan YESS. Dan tentunya kami sangat AGAM (senang) melihat keduanya jadi pemimpin di OKU. Makanya muncul nama itu (AGAM,red),” tandasnya.

Sementara itu, Erlan Abidin, Caleg terpilih PAN yang mewakili YPN, menyampaikan ucapan ribuan terima kasih kepada AGAM yang secara terbuka menyatakan dukungan untuk YPN – YESS.

“Beliau (YPN,red), sangat merespon baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada AGAM. Beliau tahu persis komunitas ini, karena memang sudah lama menjalin komunikasi. Bahkan setiap ada kegiatan perbatuan, beliau selalu turut serta dan beri konstribusi. Artinya, jalinan hubungan ini bukan baru terbentuk,” papar Erlan.

Karena itu, Erlan juga mengajak untuk sama-sama mendoakan agar YPN-YESS menang di Pilkada OKU nanti.

Apalagi, YPN memang pernah berjanji pada komunitas perbatuan, bahwa setelah menang akan menjalin hubungan yang lebih intens, sehingga cita-cita komunitas insan perbatuan dapat tercapai.

“YPN tahu kalau keberadaan UMKM ini akan memberi peluang-peluang dalam menggerakkan roda ekonomi. Dan mudah-mudahan, dunia perbatuan di OKU dapat lebih berkembang lagi. Mari, kita sama-sama berjuang,” demikian Erlan Abidin.

Usai menyampaikan pernyataan sikap secara lantang dan terbuka, acara tersebut dilanjutkan dengan sharing antara para insan perbatuan dan perwakilan YPN yang hadir. (*Ali Jebet*)