Sumselnews.co.id OKI |Upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan di Ogan Komering Ilir (OKI) dilakukan secara kolaboratif. Tak hanya satgas yang berjibaku memadamkan api, para tenaga kesehatan (Nakes) pun turut andil dengan memastikan kesehatan para relawan satuan tugas (Satgas) Karhutlah itu

Seperti pada Selasa, (17/10) kemarin, sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Pedamaran Timur memeriksa kesehatan para relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Gading Raja, Kecamatan Pedamaran Timur, OKI.

“Bentuk dukungan dan terima kasih atas upaya keras Satgas dan relawan pemadam Karhutla yang berjuang memadamkan api,” ujar Dina mardiana, S. ST Kepala Puskesmas Pedamaran Timur.

Kegiatan pelayanan kesehatan bagi Satgas Karhutlah ini ujar Dina telah dilakukan sebanyak dua kali

“Yang pertama para anggota BKO Brimob dan Polda Sumsel lalu kemarin kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa sumber hidup kecamatan Pedamaran Timur,” terang dia.

Pemeriksaan kesehatan bagi Satgas Karhutlah menunjukkan betapa pentingnya dukungan dari masyarakat dalam penanganan Karhutla yang saat ini sedang melanda Ogan Komering Ilir.

Kepedulian para tenaga kesehatan tersebut, mendapat apresiasi dari Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin.

Menurutnya, kepedulian kepada petugas yang berjibaku dalam memadamkan api seperti yang dilakukan Nakes Puskesmas Pedamaran Timur tersebut dapat menjadi inspirasi dan contoh baik bagi masyarakat lainnya.

“Kami sangat menghargai dan mengapresiasi upaya luar biasa dari rekan-rekan tenaga kesehatan, tindakan ini memberikan semangat bagi anggota TNI, Polri, Satgas dan relawan pemadam api. Ini adalah contoh nyata bagaimana masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan,” kata dia.

Listiadi pun turut berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung dan telah bekerja keras membantu dalam proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Ogan Komering Ilir.