Sumselnews.co.id | Kodim 0405/Lahat selenggarakan kegiatan Sosialisasi Karhutla bekerja sama dengan CV. Amoi, bertempat di Gedung Juang Makodim 0405/Lahat, Jln. Residen A. Razak Kelurahan Kota Baru Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat. Jumat (26/05/23).

Dalam sambutannya, Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oki Priyono S.I.P menerangkan bahwa, kegiatan Sosialisasi ini kita laksanakan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana Karhutla di wilayah Sumatera Selatan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh bapak Gubernur Sumsel Bapak H. Herman Deru, bahwa kita harus bertindak dan berbuat dalam rangka mencegah adanya bencana Karhutla di Provinsi Sumatera Selatan.” Ucap Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan. Beberapa tahun yang lalu negara kita sempat mendapatkan julukan sebagai negara pengirim asap, sehingga di protes oleh negara tetangga. Fenomena tersebut disebabkan karena banyaknya lahan yang terbakar di wilayah Pulau Sumatera, seperti di Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

“Ditahun 2023-2024, wilayah Indonesia khususnya Sumatera diprediksi akan mengalami panas yang cukup ekstrem, sehingga tidak menutup kemungkinan akan banyak lahan yang terbakar sehingga menimbulkan asap.” Tutur

Oleh karena itu, kita bertanggung jawab untuk menekan bahkan meniadakan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, dan saat ini kita sudah masuk kedalam tahapan perencanaan, pencegahan dan mitigasi.” Ujarnya.

Menurutnya. Kejadian kebakaran hutan banyak terjadi akibat kesengajaan oleh masyarakat, kebakaran tersebut terjadi karena sengaja di bakar untuk membuka lahan perkebunan.

“Harapan saya kita semua bisa berbuat untuk menyadarkan masyarakat dan pelaku usaha agar jangan membakar lahan sembarangan. Ini perlu dilakukan tindakan yang nyata, seperti sosialisasi dan menyebarkan reklame – reklame yang berisi ajakan dan himbauan yang mengedukasi masyarakat tentang bahaya adanya kebakaran hutan.” Ucap Letkol INF Toni OKI Priyono SIP

Mari kita bersama berbuat, meskipun tidak seberapa, namun dengan kepedulian kita, sehingga tidak ada lagi bencana Karhutla di wilayah kita. apabila terjadi, kita semua harus bertanggung jawab.” Tegasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya. Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono S.I.P, Kapolres Lahat diwakili Kabagops Kompol A. Sumardi, Kepala BPBD Lahat Bapak Ananta, Bupati diwakili Kasat Pol PP Kabupaten Lahat Bapak Heri Kurniawan, Manggala Agni, Direktur CV Amoi, Triahmad Aldino.

Disana juga hadir Direktur Bank, Sumselbabel Taufiq Hidayat yang di dampingi Airul yang sering disapa kuyung, Bank BNI, Bank MANDIRI, dan Kepala Cabang PLN Kabupaten Lahat, serta para tamu undangan.” Tutupnya (Agustin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini