SumselNews.co.id Muara Enim | Pemerintah resmi melarang mudik lebaran Idul Fitri 1442 H mulai 6 sampai 17 Mei 2021. Kebijakan ini juga berlaku di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah kemarin, Rabu (5/5/2021) dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Musi 2021 di halaman Pemkab Muara Enim, petugas gabungan pada hari ini, Kamis (6/5), mulai melakukan penyekatan di beberapa titik.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar, S.I.K. mengatakan, pada penyekatan di hari pertama ini, kendaraan yang mengarah masuk dan ke luar Muara Enim cukup ramai.

“Tadi kita sudah putar balik beberapa bus dan angkutan-angkutan,” kata Danny saat meninjau Pos Penyekatan di depan Pasar Kalangan Cinta Kasih, Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kamis (6/5/2021).

Lebih lanjut, Danny menjelaskan situasi di hari pertama penyekatan pemudik ini masih landai, namun terdapat beberapa masyarakat yang masih mencoba untuk melakukan mudik.

“Tapi karena semua kendaraan kita stop, akhirnya (pemudik) bisa kita saring dan dikembalikan,” jelasnya.

Danny juga menjelaskan ada beberapa orang yang dapat pengecualian sehingga diperbolehkan untuk lewat, seperti yang sedang dinas, namun tetap harus dilengkapi dengan surat tugas dan surat rapid tes.

“Yang boleh lewat itu orang yang sedang kedukaan keluarga, lalu yang punya surat tugas, dan yang sedang melahirkan itu boleh,” jelas Danny.

Kapolres Muara Enim mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk tidak melakukan mudik.

“Karena instruksi dari Presiden sudah jelas, kita sama-sama menjaga supaya penyebaran Covid-19 tidak semakin merajarela. Untuk itu mudik dilarang,” ujarnya.

“Dan kalau ada yang berani mau coba-coba lewat dari pos ini, pasti menyesal,” pungkas Danny.

Di tempat yang sama, Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar juga meninjau langsung pelaksanaan penyekatan mudik tersebut.

Sebagai informasi, Polres Muara Enim mendirikan 5 Pos Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, antara lain 2 Pos Penyekatan di Depan Pasar Kalangan Cinta Kasih, Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing dan Simpang Meo, Desa Muara Meo, Kecamatan Panang Enim,

Kemudian 2 Pos Pengamanan Tempat Wisata, yaitu di Destinasi Wisata Air Terjun Bedegung, Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim dan Destinasi Wisata Danau Shuji, Desa Lembak, Kecamatan Lembak. Lalu 1 Pos Pengamanan Terpadu di dekat Jembatan Enim 2.

Untuk jumlah personel yang diterjunkan oleh Polres Muara Enim yaitu 150 personel, dengan rincian 30 personel di masing-masing pos. Kemudian, ada tambahan 2 personel dari TNI, BPBD, Satpol PP, Damkar, Dishub dan Dinkes untuk di tiap pos. (Aal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini