SumselNews.co.id Muara Enim | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan melanjutkan pembangunan jalan akses Muara Lematang – Banyuasin melalui APBD Perubahan Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2021.

Jalan akses sepanjang 1,4 Km itu, nantinya akan menghubungkan Desa Muara Lematang, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim menuju proyek Jembatan Muara Lematang-Pengumbuk, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin.

Hal itu disampaikan Plh Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M. saat melakukan Safari Ramadan ke Desa Muara Lematang, Jumat (23/4/2021).

“Saya tahu betul dengan kondisi Desa Muara Lematang yang berada di segitiga emas jalur Sungai Musi, berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuasin dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),” ujar Nasrun Umar.

Mantan Sekda Banyuasin itu menegaskan bahwa, dirinya akan membuka dan mempercepat aksesibilitas Desa Muara Lematang melalui pembangunan jembatan penghubung yang dibangun oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (B2PJN) V Palembang dan jalan akses melalui APBD Kabupaten Muara Enim.

“Sehingga perpindahan penduduk, barang dan jasa antarkedua daerah dapat berjalan lancar, yang nantinya mampu menggerakkan perekonomian Desa Muara Lematang dan sekitarnya,” ujarnya.

“Dari total 1,4 Km, sepanjang 500 meter sudah selesai dibeton, tinggal sisanya 900 meter akan dilanjutkan melalui APBD Perubahan 2021,” sambungnya.

Selain itu, untuk mengatasi abrasi tepian sungai akibat ramainya lalu lintas angkutan batubara yang melintasi Desa Muara Lematang, Plh. Bupati akan berkoordinasi dengan para perusahaan angkutan batubara, untuk membangun bronjong atau kawat batu penahan ombak di sepanjang tepian sungai.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Drs. Emran Tabrani, M.Si. (Aal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini