SumselNews.co.id PALI | Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diduga memusnahkan bantuan sosial (bansos) kadaluwarsa secara sepihak di halaman kantor Dinsos jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.

Peristiwa itu terungkap dari laporan masyarakat yang mengetahui adanya pembakaran bahan baku bansos kadaluwarsa berupa beras, mie instan dan makanan kaleng.

Menurut warga setempat, sisa – sisa bekas pembakaran tersebut nampak di halaman Kantor Dinas Sosial Pali.

“Kami sangat menyayangkan bansos tersebut dibakar secara sepihak,” ungkap warga setempat yang meminta namanya tidak di tulis pada (04/03/2021).

Atas kejadian tersebut, masyarakat meminta aparat penegak hukum dapat memprosesnya.

Sebelumnya Plt Kadinsos PALI Metty Etika, SE, M.Si membenarkan adanya pemusnahan bansos kadaluwarsa di halaman kantornya dengan cara dibakar.

“Yang dibakar cuma beras 10 sak ukuran 5 kg, dengan Indomie Instan tidak ada lain,” tegas Metty saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Kamis (04/03/21).

Dia menjelaskan, hal itu dilakukan bermula pada saat petugas gudang menemukan ada stok bansos yang rusak.

“WC kantor atas kami saluran airnya bocor sehingga menetesi beras, petugas gudang kami tidak rutin mengecek. Ketika ada pembersihan, saat gudang dibuka tercium bau busuk, karena itu kesalahan kami jadi dibakar,” ungkap dia.

Ditegaskan Meety, pihaknya mengambil keputusan pemusnahan tanpa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait karena berinsiatif menggantinya kembali.

Dikesempatan yang sama Kabid Linjamsos Dinsos PALI Yunimawati, SP, M.Si mengaku tidak mengingat secara pasti waktu pelaksanaan pemusnahan barang tersebut yang jelas dimasa Covid-19 pada sore hari,” ungkapnya mengakhiri. (Rian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini