Sumselnews.co Muara Enim | Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kab Muara Enim sukses menggelar pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) I se Sumsel dengan tema Bersinergi Meningkatkan Mutu Pendidikan Menuju Sumsel Maju,  Pada Jum’at (19/02/2021) bertempat di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Bumi Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim.

Acara ini berlangsung selama 2 (dua) hari terhitung dari tanggal 19 s.d  20 Februari.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim beserta 57 anggota dari berbagai perwakilan wilayah Kabupaten/Kota, dan sekaligus nantinya akan langsung digelar pemilihan kepengurusan baru IGI Sumsel periode 2021-2026.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru melalui Sekda Provinsi sekaligus Plh Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MH MM (HNU) dalam sambutannya Ia mengatakan bahwa IGI adalah Organisasi profesi yang sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi. Menurutnya ditengah pandemi saat ini Guru harus bisa menguasai teknologi.

“Di masa Pandemi ini kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring. Itulah  kenapa setiap guru harus mahir menggunakan teknologi.

“Guru adalah panutan dan tauladan bagi generasi bangsa. oleh sebab itu semuanya tergantung dari moralnya bagi seorang Guru. Pemprov akan terus mendorong pendidikan di Sumsel ini untuk terus maju, di masa pandemi seperti ini seluruh Sekolah diharuskan berinovasi dan berkreasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, Guru adalah aset dan investasi bangsa, karena dari didikan Guru lah nantinya akan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berbudi pekerti yang baik.

“Saya berharap melalui Muswil I ini sesama guru dapat saling berbagi ilmu, bertukar informasi dan saran serta bersinergi didalam memajukan dunia pendidikan khusunya di Sumsel ini, tidak ada orang yang bisa memiliki ilmu pengetahuan jika tidak ada guru, harusnya guru ada di tempat yang tertinggi, tidak ada namanya bekas guru, harapan saya semoga IGI di Sumatera Selatan selalu jadi yang terbaik dan terdepan,” harap HNU.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas) Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi dalam sambutannya sangat berterima kasih kepada IGI Muara Enim karena telah menjadikan Bumi Serasan Sekundang sebagai tuan rumah Muswil I untuk yang pertama kalinya.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh guru didalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai pelepas penat setelah usai kegiatan ini saya mengajak seluruh pelaksana Muswil untuk berwisata ke air terjun curug tenang bedegung,” tuturnya.

Tak ketinggalan Wakil Ketua Umum IGI juga menyampaikan, sebagai moto pendidikan Guru harus cerdas karena Guru sebagai panutan dan dituntut untuk profesional serta inovatif  apalagi di zaman modern saat ini.

“Saya berharap khususnya kepada seluruh Guru di Prov Sumsel tidak ada lagi yang Gaptek (Gagap teknologi) karena IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan hal yang wajib saat ini, sehingga nantinya guru dapat mengoptimalkan mengajar mengunakan aplikasi yang digunakan, ” tandasnya.

Dalam kesempatan lain Pengurus IGI Kabupaten Muara Enim melalui Sekretarisnya  Ardi Saputra ST menyampaikan ucapan ribuan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim dan khususnya kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, yang telah banyak memberikan bantuan baik moril maupun materil. mudah mudahan kedepannya dukungan dan peran serta pemerintah kepada IGI semakin terjalin dengan baik.

“Saya mewakili teman teman semua mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh sponsor yang telah berpartisipasi didalam mensukseskan acara Muswil I IGI Sumsel ini, terkhusus kepada PT Bukit Asam Tbk dan Desaku Muara Enim, suksesnya acara ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan yang telah anda berikan Ucapnya.(DN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini