Sumselnews.co.id Prabumulih | Untuk mengatasi krisis ekonomi di masa pandemi covid 19 sekarang ini,  warga Desa Karya Mulya banting stir tambah mata pencaharian untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Warga Desa Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tengah,  yang pada umumnya mata pencaharian nya dari sektor pertanian dan perkebunan, namun dengan belum berakhirnya bencana non alam virus corona disease 19 penghasilan semakin menurun.

Berawal dari ide sang Kepala Desa,  saat ini warga desa tersebut memiliki hasil tambahan dari hasil karya kreatif menbuat minuman sehat khas Nusantara yang biasa di sebut Jamu

“Kami berupaya bagaimana caranya agar perekonomian masyarakat kami ini tidak terpuruk karena dampak wabah Covid 19, dengan memanfaatkan sisa waktu sepukang dari kebun atau kadang pertanian.

“Ahlamdulillah disamping tetap mengelola lahan pertanian dan perkebunan,  sekarang ini warga kami sudah mempunyai hasil sampingan dengan memproduksi jamu seduh hasil karya Masyarakat desa,”ungkap Miril Kades Karya Mulya, kepada media Sabtu (13/02/2021).

Menurutnya, dengan adanya kesibukan masyarakat memanfaatkan waktu sepulang dari kebun dan ladang untuk membuat jamu,  penghasilan masyarakat bisa bertambah.

“Wabah Covid 19, bukan alasan kita untuk bermalas malasan,  namun dalam setiap kegiatan masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan,”ungkap Kades.

Lebih jauh Miril menjelaskab,  ide pembuatan jamu awalnya terinspirasi saat berada dikampung halaman sang istri di Yogjakarta. Melihat melihat kondisi geografis yang menurutnya kurang mendukung namun orang disana mampu bertahan dengan karya kreatif nya.

“Ketika pulang kampung, saya lihat itu daerah yang ekstrim tapi kok bisa berkembang bisa maju, kenapa daerah kita yang subur bagus, tanahnya banyak kok tidak bisa,”imbuhnya.

Olrh karena itu, dia berharap kepada seluruh masyarakat desa untuk bersama – sama bangkit di masa pandemi covid 19 ini dengan meningkatkan kreatifitas dan aktifitas yang menghasilkan.

“Untuk menunjang produksi jamu ini,  di desa Karya Mulya dapat manfaatkan lahan – lahan kosong, disini tanahnya cukup subur jika dibandingkan dengan daerah Yogyakarta,”harapnya.

Ditambahkannya,  untuk saat ini,  hasil produksi jamu warga desa Karya Mulya sudah mulai masuk pasar,”Hasil nya cukup lumayan dan mampu bersaing dengan hasil prosuksi dari daerah lain,”pungkanya. (Radha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini