Beranda MUBA Tidak Terdata Bantuan, Nenek Nurbaya, Tuna Netra Lansia Yang Hidup Seorang Diri...

Tidak Terdata Bantuan, Nenek Nurbaya, Tuna Netra Lansia Yang Hidup Seorang Diri Dirumah Kayu Berukuran 3×3

0

SEKAYU | Nurbayan Nenek Lansia Tuna Netra berusia (75) yang hidup sendiri di Pondok Rumah Kayu di Jalan suluk danau ulak Lia kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin ini belum belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.

Di rumah Pondok kayu ukuran 3×3 setelah ditinggal suami meninggal 10 tahun yang lalu hanya bisa terbaring di dalam rumah, hanya satu bola lampu yang ada menemani nenek Nurbaya ketika malam hari.

Sehari-hari nenek Nurbaya diurus oleh sang ponakan yang rumahnya berada teapt di depan rumah nenek Nurbaya. Kartubi keponakan nenek Nurbaya mengatakan hampir sudah 7 tahun dirinya mengurus sang bibi yang sudah lansia dan mengalami buta (tunanetra).

“Ya sudah beberapa tahun bibi tinggal di rumah ini, dirinya tidak mau tinggal dirumah kami maunya dirumah inilah, makan minum dan lainya semua kami yang urus.Bibi hanya bisa berbaring,”kata Katubi, selasa (12/5).

dikatakan kartubi selama dirinya mengurus sang bibi belum pernah ada bantuan- bantuan jenis apapun dari pemerintah.Namun kadang ada bantuan yang belikan itu dari pribadi.

“Bantuan langsung tunai yang sekarang ini disalurkan oleh pemerintah baik untuk kelurga kami maupun bibi kami tidak menerima, bahkan terdata pun kami tidak.,”keluhnya.

Kartijo yang sehari-hari bekerja sebagai tukang depot pembuat kusen kayu ini mengaku sudah sejak lama belum pernah ada baik dari pihak pemerintah Kabupaten maupun pihak kelurahan yang mendata nenek Nurbaya sebagai penerima bantuan dari pemerintah.

“Banyak tetangga yang menyarakan agar melapor kepihak terkait.Dulu pernah ada orang yang membantu untuk didata oleh pihak dinas sosial, namun hingga saat ini belum ada kabar. Harap juga jika memang layak mendapatkan bantuan tentunya ini dapat meringankan beban baik bagi kelurga dirinya maupun nenek nurbaya. Terlebih dalam kondisi seperti saat ini pendemi covid-19, sejak beberapa minggu ini sepi order membuat membuat kusen kayu ,”imbunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here