Beranda MUBA PMI Muba Turunkan Tim Semprot Rumah Warga Desa Kali Berau Dengan Cairan...

PMI Muba Turunkan Tim Semprot Rumah Warga Desa Kali Berau Dengan Cairan Disinfektan

0

SEKAYU | Palang merah Indonesia Kabupaten Musi Banyuasin langsung bergerak turun melakukan upaya pencegahan terhadap merebaknya penyebaran virus Covid -19 di Desa Kali Berau Kecamatan Bayung lincir Kabupaten Muba demgan menyemprotkan cairan disifektan di rumah-rumah warga.

Penyemprotan cairan desinfektan dirumah -rumah warga tersebut dilakukan atas permohonan dari pihak pemerintah desa kaliberau.

“PMI menerima surat permohonan dari Kades kaliberau, sebab dari laporan yang diterima PMI dari pemerintah desa, ada salah satu karyawan di perusahaan yang bergerak di wilayah Desa kaliberau terkonfirmasi positif covid-19,”ungkap ketua PMI Muba Beni Hernedi melalui kabid bencana Akhmad fanfani syafri ST MT, minggu (10/5).

Fanfani menyebut tim yang diturunkan oleh PMI Kabupaten Muba tidak hanya melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah-rumah warga di desa kaliberau, PMI Muba juga memberikan bantuan berupa Beras 100 KG, Disifektan 2000 liter, gula 10 kg
Susu kaleng 12 kaleng handsanititazer 4 liter
,Masker PMI 13 PCS, Masker MCF 100 PCS, Bendera PMI 4 PCS, Baju APD 10 PCS, Kacamata Geogel 10 PCS, Handscoon.

“Kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan pihak -pihak terkait menyikapi kondisi yang ada ada saat ini di desa kaliberau untuk bersama-sama menjaga diri dan kelurga agar terhindar dari penyebaran virus covid -19 ini dengan mematuhi aturan pemrintah yakni tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika dianggap tidak terlalu penting, melakukan pola hidup sehat dengan mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak atau physical distansing, hindari adanya kerumunan massa,”tukasnya.

Sementara kades desa Kali Berau Kecamatan Bayung lincir membenarkan adanya salah satu karyawan Perusahaan di yang beroprasi di wilayah desa kali berau terkonfirmasi positif covid-19.

“Ya benar, pasien Positif itu merupakan karyawan di perusahan yang beroprasi di desa Kali berau, pemerintah desa sudah melayangkan surat ke perusahan tersebut meminta agar untuk sementara waktu menghentikan segala aktivitas kegiatan yang berada di wilayah kerjanya dan meninta agar pihak perusahaan segera melakukan isolasi kepada seluruh karyawan dan melakukan rapid tes,”katanya.

Menurutnya Hal ini penting dilakukan oleh perusahaan mengantisipasi merebaknya penyebaran covid -19 di lingkungan masyarakat sekitar Desa kaliberau.

Dari itu, mengantisipasi kemungkinan merabaknya virus covid-19 tersebut, Pemerintah desa telah megirimkan permohonan bantuan kepada PMI Kabupaten Muba untuk dilakukan penyemprotan cairan desinfektan di rumah rumah warga.

“Kita sudah mengimbau kepada masyarakat agar untuk tetap tenang dak tidak panik dan juga dingatkan agar untuk sementara waktu untuk tidak beraktifitas diluar rumah jika tidak penting sekali,”tukasnya.

Sebagai informasi, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) merilis data, Sabtu (9/5/2020) bahwa hari ini terkonfirmasi dua kasus PDP Positif Covid-19, bertambahnya dua kasus ini menambah daftar kasus di Daerah Kita Musi Banyuasin penularan Covid-19 dengan total menjadi 4 orang tetapi dari Total 4 orang tersebut Kasus 01 telah dinyatakan Sembuh dan telah kembali kerumah sedangkan kasus 02 masih dalam Perawatan, sedangkan Kasus 03 dan 04 dinyatakan hari ini dikabarkan terkonfirmasi postif.

“Ya, jadi dengan adanya penambahan dua kasus PDP yang terkonfimasi Positif Covid-19 ini total kasus penularan positif covid-19 total kasus menjadi 4 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muba, Seftiani Peratita .SS.M.Kes Sabtu (9/5/2020).

Dikatakan, hasil PDP dinyatakan terkonfirmasi Positif Covid-19 tersebut diketahui setelah dilakukan uji swab di BBLK Palembang.

“Kasus 03 berjenis kelamin perempuan berasal dari Kecamatan Sungai Lilin dan kasus 04 berjenis kelamin laki-laki berasal dari Deli Serdang Sumatera Utara yang di rawat di RSUD Bayung Lencir,” status kasus (dalam penyelidikan) bebebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here