Beranda Palembang Pengamat, PAN Sumsel Terancam Turun Kelas Jika Tak Segera Lakukan Regenerasi

Pengamat, PAN Sumsel Terancam Turun Kelas Jika Tak Segera Lakukan Regenerasi

0

Regenerasi Parpol Mendesak !

Palembang – Pemerhati Sosial Politik Sumsel, Bagindo Togar Butarbutar, mengatakan, regenerasi ditubuh partai politik (parpol) harus segera dilakukan untuk menjawab permasalahan dengan kata lain permasalahan ini sudah sangat mendesak, tantangan dan peluang politik dimasa yang akan datang perlu dijawab dengan adanya regenerasi serta restrukturisasi partai.

Hal itu diungkapkannya, setelah memperhatikan pemberitaan media beberapa pekan terkahir, terkait, Musyawarah Wilayah (Muswil) V PAN Sumsel, yang membuat dua kubu berbeda, yakni trah Iskandar yang merupakan Ketua DPW PAN Sumsel dan kelompok Umar H Halim Sekretaris Wilayah.

“Regenerasi elite Parpol mendesak dilaksanakan. Termasuk dengan PAN Sumsel,” kata Bagindo, Minggu (19/7/2020).

Mantan ketua Fisip UNSRI ini menjelaskan, sangat tidak arif dan bijaksana, apabila eksistensi PAN hanya mengacu pada kisah indah di era reformasi semata. Karena, sesungguhnya prestasi partai sangat ditentukan oleh peningkatan kapabilitas para kadernya, agar selalu cakap merespon berbagai persoalan kedepan.

“Artinya sebuah Parpol itu butuh nafas, energi, komitmen serta gagasan baru, yang pasti dari generasi yang baru pula,” katanya.

Ia menambahkan, jika regenerasi ditubuh parpol tidak bisa dilakukan, karena tergerus kepentingan politik. Maka, siap-siap sebuah Parpol akan kerdil dan tidak naik kelas, apalagi PAN di Sumsel saat ini merupakan partai kelas menengah, jika tantangan internal saja tidak bisa diselesaikan, bisa saja PAN turun kelas dari Parpol menengah ke Parpol bawah.

“Ketika urgensi regenerasi tereduksi oleh kepentingan,ambisi dan bermacam hak istimewa yang melekat pada jabatan kaum elite politik Apakah , para elite parpol, tak menyadari bahwa masa depan eksistensi plus gengsi partai jadi taruhannya” Pungkasnya. (RIL/DPA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here