Beranda OKU Pelayanan Online Disdukcapil, Kurangi Kontak Langsung dan Hemat

Pelayanan Online Disdukcapil, Kurangi Kontak Langsung dan Hemat

0

SumselNews.co.id BATURAJA | Ditengah wabah corona virus disease 19 (Covid 19) pelayanan dalam pengurusan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tetap dilaksanakan seperti biasa.

“Bagi warga yang akan melakukan pengurusan tidak perlu datang ke kantor, masyarakat cukup melengkapi syarat dokumen dan di sampaikan melalui layanan Whatsapp ke Nomor 082282424008,”kata Kadisdukcapil H Ajahari didampingi Kabid Piak Rasidi pada Selasa, (21/04/2020).

Pusat layananan Disdukcapil tersebut, kata Ajahari disamping untuk mengurangi kontak langsung antara petugas dengan masyarakat dalam hal pencegahan penyebaran covid 19, dan mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan dokumen kependudukan seperti KK, KTP dan Akte.

“Selain mengurangi kontak langsung, kami juga memberikan kemudahan kepada masyarakat, setelah berkas dinyatakan lengkap akan langsung di proses, dan warga cukup sekali datang mengabil dokumen yang sudah selesai dengan membawa berkas persyaratan,, tidak perlu berkali – kali ke Disdukcapil,”jelasnya.

Pelayanan via online ini, selain mempermudah dan mempercepat pengurusan permohonan dokumen, juga meringankan beban biaya trasportasi masyarakat untuk datang dan tatap muka.

“Dengan adanya pelayanan online ini, masyarakat hemat biaya, karena cukup sekali datang ke kantor disdukcapil, karena seluruh persyaratan yang kurang cukup dilengkapi dari rumah,”paparnya.

Selama masa wabah covid 19 ini, lanjut Ajahari,pelayanan pengambilan dokumen hari Senin sampai Kamis sampai pukul 12.30 Wib, sedangkan hari Jumat sampai pukul 11.30 wib.

Rasidi menambahkan, untuk saat ini baru disediakan satu nomor WA untuk melayani masyarakat,”Kedepan Insha Allah akan di tambah satu nonor lagi, satu nomor pelayana Akte dan satu nomor untuk pelayanan pendaftaran penduduk,”tambahnya.

Secara teknis pelayanan online ini, kata Rasidi tidak ada kendala bahkan pemohon bisa lebih cepat menyiapkan persyaratan karena terhubung langsung dengan petugas.

“Saat ini, pelayanan di Disdukcapil, masih menggunakan nomor WA, tahun depan mudah – mudahan sudah bisa menggunakan aplikasi pelayanan kependudukan,”beber Rasidi.

Pihaknya berharap, ada bantuan APD atau Masker untuk kenyamanan dan antisipasi penyebaran covid 19 ini, para petugas di loket pelayanan untuk petugas.

“Resiko petugas bagian pelayanan ini sangat rentan tertular, kita tidak tau siapa yang membawa virus siapa yang tidak, dan saat pelayanan pasti petugas kami di loket ada kontak langsung dengan pemohon,”pungkasnya.(Rud).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here