Beranda Lahat Hujan Deras, Dinkes Kabupaten Lahat Melakukan Pencegahan Penyakit DBD

Hujan Deras, Dinkes Kabupaten Lahat Melakukan Pencegahan Penyakit DBD

0

SumselNews.co.id LAHAT | Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Terus memantau rumah sakit ,Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Lahat, untuk memastikan penyakit yang banyak di derita masyarakat di Kabupaten Lahat. Senin (27/01/2020)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Ponco Wibowo S.Km.MM, melalui Kabid P2P Agustia Ningsih S.Km. MM Mengatakan,” peralihan musim kemarau ke penghujan sering terjadi penyebaran penyakit menular seperti Demam berdarah, Malaria,Tifus,dll.

” Dan penyakit pasca banjir di beberapa wilayah lahat yang terdata yaitu : Demam, Sakit kepala, pegal-pegal, Diare, ISPA dan penyakit kulit, tapi yang dominan demam, sakit kepala dan pegal-pegal ujarnya,

itu berdasarkan hasil pantauan di posko, kesehatan pasca Banjir dan puskemas yang terjadi banjir. Untuk obat Alhamdulillah stok obat aman tambahnya.

” Ia menambahkan “Dari data yang kami terima dari rumah sakit dan Puskesmas hingga hari ini yang terjangkit DBD 74 orang “, ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Agustia Ningsih S.Km. MM,

“Dinas kesehatan Lahat telah melakukan pencegahan agar penyakit yang menular antar manusia secara terbatas, dapat dicegah penyebarannya. Upaya kewaspadaan dini telah dilaksanakan.
Kami telah sosialisasi kemasyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dan menjaga imunitas tubuh dengan makan-makanan yg bergizi dan sehat, istirahat yg cukup, aktifitas fisik secara teratur.

” Saat di singgung mengenai virus Corona ia menambahkan “Kita sudah di beri surat edaran dari Kementrian Kesehatan, untuk siap siaga, dan surat edaran tersebut sudah di teruskan ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Lahat dan Rumah Sakit,

Ia menghimbau kepada masyarakat dalam pencegahan penyakit di antaranya

Terapkan ketika batuk, yakni menutup mulut/hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu. Gunakan masker jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas (demam, batuk, dan flu) dan segera berobat. Sering mencuci tangan, terutama setelah batuk atau bersin dan Cuci tangan dengan air bersih dan sabun.

“Promosi dan preventif sangat di tekankan dari( PHBS) pola hidup bersih dan sehat dan menjaga stamina tubuh kita.

Kita harus menerapkan Germas dan cerdik, Untuk Menjadikan Kabupaten Bersi dan Sehat, Serta membuat kabupaten Lahat Bercahaya,” Tuturnya ( Agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here