Beranda MUBA Awal Mei, Masyarakat Akan Menerima Bantuan sebesar Rp 600.000 dari Pemkab Muba

Awal Mei, Masyarakat Akan Menerima Bantuan sebesar Rp 600.000 dari Pemkab Muba

1

SEKAYU | Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin awal Mei ini akan mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak akibat bencana non alam Covid-19. Bantuan yang akan diberikan, nantinya akan langsung di diterima oleh masyarakat melalui rekening bank masing-masing.

“Jadi mulai Mei hingga bulan Juli masyarakat masyarakat akan menerima bantuan dari pemerintah Kabupaten Muba yang disalurkan melalui bank BRI ke rekening masing-masing Penerima Bantuan,”ungkap Bupati Muba DR Dodi Reza Alex Noerdin melalui Plt Kadinsos Muba A.Nasuhi SH.MM, Senin (27/4).

Dikatakanya, bantuan yang disalurkan kepada masing-masing warga penerima bantuan setiap kepala keluarga (KK) akan menerima sebesar Rp 600.000 dimana bantuan tersebut bantuan terdiri dari bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) sebesar Rp 200.000 ditambah bantuan dari APBD Kabupaten Muba sebesar Rp 400.000.

“Jadi top Up bantaun dari Pak Bupati dan kemensos dislaurkan bersamaan sehingga masyarakat menerima Rp 600.000. Untuk kalkulasi hitungan sementara dana yang akan digelontorkan sebesar Rp 28.376.400.000, dimana hitungan tersebut jumlah penerima bantuan sebanyak 23.457x400x3 bulan ini untuk bantuan yang bersumber dari APBD Muba,”terangnya.

Untuk pola pendistribusian sendiri, Nasuhi menerengkan akan mencontoh skema dari kementerian Sosial (Kemensos) dengan catatan setelah tahapan administrasi di tingkat kabupaten selesai selanjutnya langsung akan disalurkan ke masyarakat penerima bantuan.
Melalui himpunan bank-bank pemerintah yang ditunjuk yakni Bank BRI.

“Jadi nanti pendampinglah akan menginformasikan ke warga jika sudah masuk ke rekening.Bantuan tersebut bisa dicarikan oleh masyarakat di jaringan Bank BRI seperti E Warung, E brilink yang ada di desa-desa di dalam Kabupaten Musi Banyuasin,”bebernya.

Lanjutnya, bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Muba dan kementerian Sosial mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama masa Pnedami Covid -19.

“Untuk total secara keseluruhan warga yang menerima bantuan yakni keluarga penerima manfaasebanyak 88.315 KPM + PKH 19.372 total 107.697 Kepala Keluarga.namun pemerintah Kabupaten Muba juga sudah menyiapkan skema penerima cadangan bagi masyarakat yang nantinya tidak terdata atau tercover untuk penerima bantuan yakni sebanyak cadangan ada sekitar kurang lebih 15.000 KK,”Tukasnya.

1 KOMENTAR

  1. Semoga bantuan ini tepat sasaran, dan tidak di pilih2 .
    Mana yg dekat dg aparat desa, itulah yg dpt .

    Semoga pemerintah kabupaten MUBA ttp berjaya, dan selalu di beri kesehatan. Aamiin ya rabbal alamin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here